Saturday, 23 Feb 2019
Temukan Kami di :
Internasional

Bersejarah! Paus Fransiskus Kunjungi Uni Emerat Arab

Lukman Salasi - 05/02/2019 03:40

BeritaCenter.com – Pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia Paus Fransiskus melakukan kunjungan bersejarah ke Uni Emirat Arab. Kunjungan ini sebagai babak baru dalam sejarah hubungan antaragama.

Melalui pesan via video, seperti dilansir CNN, Senin (4/2/2019), Paus Fransiskus menyebut kunjungannya ini menandai 'babak baru dalam sejarah hubungan antaragama, mengonfirmasi bahwa kita semua bersaudara, meskipun kita berbeda'.

Warga UEA mayoritas menganut Islam, namun negara ini memiliki populasi ekspatriat yang besar. Sekitar 1,2 juta warga UEA merupakan penganut Kristen.

Selama tiga hari tiga hari di Abu Dhabi, UEA, Paus Fransiskus akan menghadiri konferensi antaragama dengan para pemimpin Yahudi dan Kristen. Paus Fransiskus juga dijadwalkan bertemu dengan Imam Masjid Al-Azhar, Ahmad al-Tayeb, dalam forum itu. Pertemuan itu akan menjadi pertemuan keempat antara Paus Fransiskus dan Al-Tayeb.

Puncak dari kunjungan bersejarah itu adalah misa yang akan digelar di Zayed Sports City pada Selasa (5/2) besok, yang akan dihadiri 135 ribu orang dan diperkirakan mencetak rekor sebagai acara perkumpulan publik terbesar di UEA. Otoritas UEA menetapkan hari Selasa (5/2) besok sebagai hari libur untuk orang-orang yang menghadiri misa Paus Fransiskus.

Dalam pesan videonya, Paus Fransiskus memuji UEA sebagai 'tanah yang berusaha menjadi model bagi koeksistensi, persaudaraan manusia dan pertemuan antara peradaban dan budaya berbeda'.

Otoritas UEA memang telah menggaungkan upaya-upaya mempromosikan koeksistensi agama, salah satunya dengan menunjuk Menteri Toleransi pada tahun 2016 dan menetapkan tahun 2019 sebagai 'tahun toleransi'.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA