Saturday, 20 Apr 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Jangan Diremehkan, Inilah Pentingnya Jaga Kebersihan Pusar

Fani Fadillah - 01/02/2019 05:35

Beritacenter.COM - Tidak sedikit orang yang kurang memperhatikan tiap bagian tubuhnya. Dan yang paling sering terlupakan adalah membersihkan bagian pusar.

Bahkan hanya sedikit orang yang mengetahui cara membersihkan pusar dengan benar. Pada masyarakat Indonesia sendiri terdapat beberapa kepercayaan mengenai membersihkan pusar. Ada yang meyakini membersihkan pusar bisa membuat sakit perut dan lainnya.

Namun faktanya, membersihkan pusar adalah hal yang harus dilakukan secara teratur dan dengan cara yang benar. Dalam pusar, berkumpul banyak hal mulai dari bakteri, keringat, sabun, kotoran, debu, dan lainnya.

Dilansir dari Women's Health Mag, Sebuah penelitian di North Carolina State University mengungkap bahwa rata-rata dalam pusar terdapat 67 jenis bakteri. Oleh karena itu, pusar juga harus dibersihkan seperti bagian tubuh lainnya.

Mengabaikan kebersihan pusar bisa menyebabkan pusar berbau atau bahkan memicu infeksi seperti gatal dan kemerahan. Lantas bagaimana cara membersihkan pusar dengan benar?

Alexandria V. Booth, M.D, ahli kulit dari HealthCare Partners menjelaskan bahwa pusar bisa dibersihkan secara teratur saat mandi, yaitu dengan dibasuh menggunakan air. Namun jika lubang pusar kamu cukup dalam, kamu juga harus membersihkannya sekali seminggu dengan cotton bud menggunakan sabun, air, atau alkohol.

Beda jenis pusar, maka berbeda juga cara pembersihan yang harus dilakukan. Bagi yang memiliki pusar menonjol keluar, membersihkannya saat mandi saja sudah cukup.

Namun jika memang terdapat ketakutan dalam membersihkan pusar kamu, sebaiknya temui dokter atau ahli kulit untuk membersihkannya. Selalu perhatikan kebersihan bagian pusar di tubuhmu setiap hari dan jaga kebersihannya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA