Monday, 26 Oct 2020
Temukan Kami di :
Politik

Tak Calonkan Caleg Bermasalah, PDIP Minta Caleg Eks Koruptor Mundur

Aisyah Isyana - 31/01/2019 17:47

Beritacenter.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi telah mengumumkan partai-partai perserta pemilu 2019 yang menerjunkan caleg mantan koruptor. Caleg PDIP untuk DPRD Papua Barat, Abner Reinal, menjadi salah satu caleg yang masuk daftar eks koruptor.

Menanggapi hal itu, PDIP secara tegas meminta Abner untuk mundur dari pencalegannya. Dalam hal ini, PDIP mengaku memiliki kebijakan partai untuk tidak mencalonkan caleg yang pernah bermasalah, terutama terkait korupsi.

Baca juga :

"Ya kita minta untuk mengundurkan diri karena kebijakan partai tidak mencalonkan yang pernah bermasalah," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di BPU Ruma Gorga, Jalan Patra, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (31/1/2019).

Sebelumnya, KPU merilis 49 daftar nama caleg eks koruptor pada Pemilu 2019. Adapun rilis daftar nama para caleg eks napi korupsi itu terbagi menjadi caleg DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Dari total 49 nama caleg eks koruptor, rinciannya yakni 9 caleg DPD, 16 caleg DPRD provinsi, dan 24 caleg DPRD kabupaten/kota. Nama Abner menjadi satu-satunya caleg PDIP yang masuk dalam daftar yang dirilis KPU.

Ketua DPP PDIP Djarot Saeful Hidayat mengakui partai kecolongan meloloskan Abner sebagai caleg. "Kecolonganlah kita," kata Djarot setelah menghadiri konsolidasi dengan relawan Jokowi bersama Hasto.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA