Saturday, 20 Apr 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Inilah 6 Makanan yang Dapat Membantu Terhindar dari DBD

Dewi Sari - 30/01/2019 19:39

Beritacenter.COM - Memasuki musim hujan wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD) mulai melanda di beberapa daerah di Indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypt tersebut memang tidak bisa dianggap sepele mengingat korbanya terus bertambah.

Oleh karenanya, masyarakat agar tetap untuk waspada melakukan pencegahan agar tidak terkena penyakit tersebut. Selain melakukan gerakan 3 M (menguras, menutup, dan mengubur) dan fogging, ketahanan fisik juga perlu diperhatikan, jangan sampai daya tahan tubuh menurun.

Untuk menhaga daya tahan tubuh bisa dilakukan cara dengan olahraga atau konsumsi makanan tertentu. Berikut 6 makanan yang dapat membantu terhindar dari DBD seperti dilansir dari Healthline, Selasa (29/1/2019) :

1. Jeruk

Vitamin C membantu membangun sistem kekebalan tubuh karena meningkatkan produksi sel darah putih. Hal itulah yang menjadi kunci untuk memerangi infeksi. Vitamin C banyak ditemui dalam buah-buahan seperti jeruk. Hampir semua jenis jeruk mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi.

2. Brokoli

Sayuran yang satu ini kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan vitamin A, C, dan E, serta banyaknya antioksidan dan serat lain pada brokoli dapat membantu menjaga sistem daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat dari sayuran ini, usahakan memasaknya dengan singkat.

3. Bawang Putih

Sering disertakan sebagai bumbu masak, bawang putih dapat membantu tubuh untuk memerangi infeksi. Kandungan senyawa berkonsentrasi tinggi yang mengandung belerang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah.

4. Bayam

Selain ditemukan pada buah-buahan, vitamin C juga ada pada sayur seperti bayam. Pada bayam, kandungan yang ada bukan hanya vitamin C. Masih ada sejumlah antioksidan dan beta karoten yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi sistem kekebalan tubuh kita.

5. Pepaya

Buah lain yang mengandung vitamin C adalah pepaya. Sebanyak 224% kebutuhan vitamin C harian ada di buah satu ini. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Selain itu, masih ada kandungan lain seperti kalium, vitamin B, dan folat yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

6 Kiwi

Seperti halnya pepaya, kiwi secara alami mengandung banyak nutrisi seperti folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi kiwi lainnya menjaga agar seluruh tubuh berfungsi dengan baik.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA