Monday, 19 Aug 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Dinas Kesehatan Curigai Jajanan di Luar Sekolah Penyebab Banyak Siswa Terkena Hepatitis A

Indah Pratiwi - 30/01/2019 12:17

Beritacenter.COM - Ada sebanyak 33 siswa sekolah dasar di Depok, Jawa Barat, yang disebut terjangkit virus Hepatitis A diklaim sudah pulih. Meski saat ini belum ditemukan penyebab kemunculan penyakit tersebut, jajanan di luar sekolah diduga penyebabnya.

Ada puluhan siswa penderita Hepatitis A ini tersebar di empat sekolah, yakni di SDN Mekarjaya 12, SDN Mekarjaya 30, SDN Sukamaju 6, dan SDN Sukamaju 9, dilaporkan terkena Hepatitis A.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita meyakini semua siswa sudah pulih dari Hepatitis A. Nova mengatakan sejauh ini tak ada penambahan siswa penderita virus tersebar di sekolah-sekolah di wilayahnya.

"Enggak ada laporan kasus lagi," kata Nova saat ditemui di kantornya, Selasa (29/1/2019).

Diduga mengenai puluhan siswa yang menderita Hepatitis A sudah ada sejak liburan pergantian tahun. Situasi menjadi cukup heboh ketika di saat yang hampir bersamaan muncul penderita penyakit serupa di sekolah-sekolah lain yang sama semua.

"Hasilnya belum dapat, 14 hari kerja sejak tanggal 28 kemarin baru akan keluar pemeriksaan laboratorium," kata Nova.

Kebersihan jajanan di luar sekolah memang sempat jadi perhatian Pemkot Depok. Ini lantaran di keempat sekolah itu hampir semua siswa dipastikan pernah makan dari jajanan di luar sekolah sehingga ditemukan kasus penyakit yang sama.

"Dicurigai begitu," imbuhnya.




Berita Lainnya

3 Fakta Dibalik Naiknya Iuran BPJS Kesehatan

16/08/2019 11:35 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA