Saturday, 23 Feb 2019
Temukan Kami di :
Investasi

Tips Sukses Miliader Bill Gates dan Warren Buffett

Anas Baidowi - 30/01/2019 08:11

Beritacenter.COM - Milliader dunia, Bill Gates dan Warren Buffet memberikan beberapa tips sukses agar fokus pada kegiatan yang lebih bermanfaat demi mencapai kesuksesan.

Kunci kesuksesan menurut Warren, tidak jauh dari memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Waktu adalah satu-satunya hal yang tidak bisa dibeli. Entah apapun dasar yang kita inginkan. Semua orang bisa membeli apapun kecuali waktu.

Berikut tips-tips sukses menurut Bill Gates dan Warren Buffet, dilansir dari CNBC, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

1. Singkirkan Kegiatan yang Tidak Perlu Agar Tetap Fokus

Meski memiliki perusahaan berbasis teknologi yang bernilai miliaran dolar, Bill Gates mengaku berhenti mendengarkan musik dan menonton televisi di usianya sekitar 20 tahun. “Saya melakukannya karena saya berpikir hal tersebut mengalihkan pikiran saya tentang perangkat lunak,” ujar Bill Gates.

Bill Gates pun menerapkan hal tersebut kepada anaknya. Asal tahu saja, Dia melarang anak-anaknya untuk memiliki ponsel hingga mereka berusia 14 tahun dan Dia membuat aturan “Tidak ada (perangkat) telepon” selama makan bersama keluarga.

Selain itu, CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffet mengaku, tak menyimpan perangkat komputer di dalam kantornya. Dia bahkan menggunakan telepon flip guna mengurangi gangguan internet.

2. Hobi yang Menguntungkan

Apakah Anda memiliki hobi? Lakukanlah hobi Anda jika hobi tersebut benar-benar menyenangkan dan bermanfaat.

Menurut Warren Buffet, hobi seperti bermain kartu, yang membutuhkan kesabaran, taktik, dan strategi. “Permainan itu menjadi latihan intelektual terbaik yang bisa dilakukan,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, dengan bermain kartu, dapat menimbang rasio untung-rugi yang membuat para pemainnya melakukan perhitungan.

Selain bermain kartu, Warren Buffet juga memiliki hobi membaca. Saat ditanya tentang rahasia kesuksesannya di Columbia Business School, dia menjawab, membaca sebanyak 500 halaman setiap hari.

Dia menilai, begitulah cara kerja pengetahuan. Asal tahu saja, pria yang dikenal sebagai investor miliarder ini menghabiskan 80% kesehariannya dengan membaca.

3. Waktu Adalah Hal yang Penting

Malcolm Gladwell menjelaskan dalam bukunya Outliers: The Story of Success, bagian dari kesuksesan Bill Gates dibangun atas dasar “Aturan 10.000 jam”.

Maksud dari aturan tersebut adalah penguasaan terhadap keterampilan kelas dunia membutuhkan waktu selama 10.000 jam latihan.

Bill Gates melakukan hal tersebut dalam praktik pemograman. Bill Gates bisa dibilang orang yang menekuni sesuatu yang dia sukai dan mencurahkan semua waktu yang dia punya untuk hal yang dia sukai tersebut.

Dia juga menguasai keterampilannya serta membangun bisnis terhadap hal yang dia sukai.

Dengan cara ini, Anda mempu mencari tahu apa potensi Anda serta menjadi ahli di dalamnya. Dengan Anda menekuni hal yang Anda sukai, niscaya Anda akan meraih kesuksesan.

4. Luangkan Waktu untuk Hal yang Lain

Selain memikirkan hal-hal penting, Anda juga butuh menikmati kegembiraan, seperti menonton film dan melakukan liburan. Anda juga bisa pergi berbelanja agar merasa lebih baik.

Bill Gates menjauhi dari tayangan televisi dan musik hanya selama lima tahun. Ini hanya masalah mengurangi beberapa hal yang kurang produktif. Atau jika Anda merasa tidak terinspirasi, dengarkanlah lagu-lagu kesukaan Anda.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA