Sunday, 21 Apr 2019
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Keuangan

KSSK Pastikan Hanya Dipemerintahan Jokowi Sistem Keuangan Negara Stabil

Indah Pratiwi - 29/01/2019 11:49

Beritacenter.COM - Kondisi ekonomi dan sistem keuangan Indonesia hingga triwulan IV/2018 dalam kondisi stabil dan terkendali. Hal itu dipastikan oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan, terkendalinya keuangan negara lantaran ditopang oleh fundamental ekonomi yang kuat, membaiknya kinerja lembaga keuangan, serta kinerja emiten di pasar modal yang stabil. Sehingga, Fundamental ekonomi yang kuat membuat sistem keuangan tetap stabil.

"Selama triwulan IV/2018, KSSK telah berhasil menjaga stabilitas sistem keuangan. Di bidang moneter, Bank Indonesia (BI) mengoptimalkan bauran kebijakan untuk pengendalian inflasi dan stabilitas nilai tukar serta memperkuat koordinasi dengan pemerintah untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan dengan baik di bidang fiskal," papar Sri Mulyani di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

KSSK rupanya telah mencermati beberapa potensi risiko baik yang berasal dari perekonomian global maupun domestik dalam bentuk pelemahan pertumbuhan ekonomi global.

"Kebijakan ekonomi AS dan dampak sengketa dagang dengan China serta potensi berlanjutnya defisit trade balance dan current account dan segmentasi likuiditas masih menjadi risiko tersendiri," ujarnya.

Dalam tugasnya, KSSK bersama Menkeu memperkuat sinergi kebijakan fiskal, moneter, makroprudensial dan mikroprudensial dalam menjaga stabilitas sistem keuangan dan mendukung momentum pertumbuhan ekonomi domestik.

Hal ini, kata Sri, terbukti pada APBN 2018 ditutup dengan kinerja yang baik dengan defisit lebih kecil. penerimaan negara pun di atas target dan disertai belanja negara yang sehat di sektor jasa keuangan.

"Di bidang fiskal, meskipun perkembangan perekonomian global cukup memberikan tantangan bagi perekonomian dalam negeri, pelaksanaan APBN 2018 membukukan kinerja yang optimal dan kredibel," katanya.




Berita Lainnya

Puluhan Pemkot Terbebani Gaji PPPK

02/04/2019 13:01 - Indah Pratiwi

Tarif Ojol Ditentukan Hari Ini

25/03/2019 06:38 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA