Tuesday, 16 Jul 2019
Temukan Kami di :
Samarinda

Saksi Sejarah....! Rumah Komandan "PETA" Akan Di Jual....

Indah Pratiwi Budi - 29/01/2019 09:21

Beritacenter.COM - Cerita sejarah Peta (Pembela Tanah Air ) tak lepas dari keberadaan rumah itu, rumah bercat putih dan dibagian atas depan pintu terpahat tulisan wisma darmadi ini, merupakan milik pribadi Raden Darmadi mantan bupati Blitar periode 1945 hingga 1956 yang merupakan ayah kandung pahlawan peta Supriyadi.

Kini didepan halaman rumah yang berdiri di atas tanah seluas 856 meter persegi tersebut terpampang tulisan dijual. Ada 2 nomor handphone yang bisa dihubungi jika ada calon pembeli yang berminat transaksi.

Rumah orang tua komandan peta ini berada di jalur utama Kota Blitar di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sanan Wetan, hanya sekitar 300 meter dari monumen peta. Setiap hari rumah ini terlihat sepi hanya ada satu penghuni yakni Suroto yang merupakan adik Tiri Supriyadi.

Suroto membenarkan rumah orang tuanya ini dijual dengan alasan semua ahli waris usianya sudah tua. Rumah ini pernah ditawarkan ke Pemerintah Kota Blitar.

"Sempat negoisasi akan tetapi Walikota Blitar tersandung masalah hukum, sehingga sampai saat ini belum terjual," jelasnya.

Wisma darmadi ini seringkali di datangi para wartawan maupun penelusur sejarah yang ingin mencari tahu sejarah tentang Supriyadi yang masih misteri. Setiap ada kunjungan Suroto yang selalu menemui para tamu tersebut.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA