Monday, 19 Aug 2019
Temukan Kami di :
Opini

Ini Janji Allah SWT Soal Umat Islam Akan Masuk ke Surga

Indah Pratiwi - 26/01/2019 01:40 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Orang-orang yang beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya telah diberikan kabar gembira bahwasanya mereka akan masuk ke dalam surga-surga Allah SWT. Mereka akan masuk ke dalam surga dengan mendapatkan segala kenikmatan yang belum pernah terlintas di benak manusia.

BACA JUGA

Akan tetapi, banyak sekali pertanyaan apakah orang-orang mukmin yang beriman kepada Allah SWT akan masuk surga atau neraka. Mereka apabila jika ingin masuk ke dalam surga harus memiliki keimanan yang kuat, bertakwa kepada Allah dalam istiqomahnya dan berperilaku baik dan tidak pernah berbuat maksiat(zina) dan menyekutukanNya, Sabtu(26/1).

Allah SWT Berfirman:
“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah : 25)

“Sesungguhnya mereka yang beriman dan beramal shalih, tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalan(nya) dengan baik. Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.” (QS. Al-Kahfi : 30-31)

Lalu, bagaimana mereka yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT namun masih memiliki sejagat salah dan dosa? apakah mereka bisa masuk ke dalam JannahNya(surga)? Perlu diketahui Allah SWT Maha Tinggi lagi Maha Luas Ampunan dan RahmatNya kepada siapa saja yang bertobat sungguh-sungguh atau taubatan nasuha dan tidak pernah mengulangi lagi perbuatan salahnya. Allah SWT memiliki Asmaul Husna Al Ghafur(Maha Pengampun) dan Al-'Afuw( Maha Pemaaf).

Selain itu, Allah mengancam kepada manusia yang menyekutukan diri-Nya bahwa mereka kekal di dalam neraka.

Allah SWT Berfirman:
"Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun."(QS. Al-Maidah: 72).

Rasulullah SAW Bersabda:
Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Setiap ummatku pasti akan masuk surga, kecuali yang tidak mau. Shahabat bertanya, "Ya Rasulallah, siapa yang tidak mau?" Beliau menjawab, "Mereka yang mentaatiku akan masuk surga dan yang menetangku maka dia telah enggan masuk surga." (HR Bukhari)

Wallahu A'lam Bishawab




Berita Lainnya

Menyemai Nasionalisme Pemuda di Era Post-Truth

16/08/2019 14:00 - Indah Pratiwi Budi

Jokowi Tak Mempan Dipancing Soal Capres 2024

16/08/2019 13:25 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA