Wednesday, 08 Apr 2020
Temukan Kami di :
Kriminal

Pengadilan Jayapura Ganjar Pemasok Senjata ke KKB 2 Tahun Penjara

Anas Baidowi - 25/01/2019 10:02

Beritacenter.COM - Tiga pria berinisial Wh, EW dan RH menjalani putusan di Pengadilan Negeri Jayapura Kelas IA. Sidang yang berlangsung pada Kamis (24/1) pukul 13.15 Wit itu menjatuhkan hukuman penjara pada pelaku, yakni 2 tahun 6 bulan.

Ketiga pelaku terbukti melakukan beberapa tindak pidana berupa transaksi dan penyuplai amunisi bagi kelompok KKB di wilayah pegunungan tengah Papua.

"Hukuman yang diberikan terhadap para penyuplai amunisi KKB diharapkan dapat memberikan efek jera bagi ketiga terdakwa," kata Karopenmas Divhumas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jumat (25/1).

Dedi menjelaskan, ketiga tersangka memiliki peran yang berbeda, yakni WH yang berdomisili di Kabupaten Jayawijaya memiliki sejumlah amunisi dan beberapa senjata yang diduga hasil rampasan dari aparat keamanan di wilayah Pegunungan Tengah Papua.

Sedangkan EW berperan sebagai peluncur atau penyuplai amunisi yang berkapasitas cukup besar, EW sendiri mendapatkan amunisi dari WH, melalui transaksi mulai dari transaksi tukar menukar amunisi dengan sembako. EW sendiri bertransaksi amunisi langsung dengan KKB di Kabupaten Lanny Jaya.

RH bertugas sebagai perantara bagi WH dan EW untuk melaksanakan tranksaksi amunisi, namun RH juga mempunyai peran dalam membantu penyuplaian amunisi bagi kelompok KKB Wilayah Lanny Jaya.

Saat ini ketiganya sudah dilakukan penahanan oleh aparat keamanan Polda Papua, usai dijatuhkan hukuman selama 2 tahun 6 bulan penjara.

"Setelah dilakukan bacaan putusan hakim, ketiga terdakwa dikawal ketat oleh aparat keamanan menuju ke Mako Polda Papua guna dilakukan penahanan," tuturnya.




Berita Lainnya

Jual Pil Koplo, Soleh Dicokok Polisi

08/04/2020 13:42 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA