Monday, 26 Oct 2020
Temukan Kami di :
Peristiwa

Puluhan Rumah di Sukoharjo Rusak Diterjang Puting Beliung

Fani Fadillah - 24/01/2019 20:20

Beritacenter.COM - Cuaca ekstrim masih terus terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, kali ini angin kencang disertai hujan lebat melanda Kota Sukoharjo, Kamis (24/1) sore. Puluhan rumah dan bangunan rusak, sejumlah pohon tumbang. Bahkan tak sedikit atap bangunan semi permanen yang beterbangan. Kerusakan juga menimpa Pasar Ir Soekarno yang ada di jantung kota.

Warga pun panik dan keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri. Agus Widanarko, warga Kampung Larangan, Gayam, Sukoharjo menuturkan, salah satu tetangganya harus dibawa ke rumah sakit akibat tertimpa asbes yang terbang terbawa angin.

"Rumah saya di belakang rumah dinas bupati juga terkena. Tetangga saya ketiban asbes dan mengalami patah tulang Dada," ujar Widanarko.

Menurut dia, saat itu korban mendengar suara gemuruh angin puting beliung. Melihat atap, seng, asbes dan genteng berterbangan, korban yang takut kemudian keluar dan tertimpa asbes.

Sejumlah warga lainnya menyebutkan, angin puting beliung datang sekitar pukul 15.15 WIB. Saat itu, langit yang semula cerah mendadak menjadi mendung dan gelap. Tidak berapa lama pusaran angin puting beliung berputar-putar selama hampir lima menit. Usai diterjang angin puting beliung hujan deras langsung mengguyur daerah tersebut.

Kepala keamanan Pasar Ir. Soekarno, Suryanto menyampaikan, saat kejadian pedagang masih beraktivitas. Beruntung di lokasi plafon ambrol tidak ada pedagang maupun pengunjung dibawahnya.

"Peristiwanya pukul 15.15 WIB. Tiba-tiba datang angin berputar-putar sangat kencang. Terus ada suara benda jatuh sangat keras, dan ternyata plafon ambrol," jelasnya.

Suryanto menambahkan, selain plafon ambrol, atap penutup pasar di sisi selatan juga jembol terbawa angin. Hingga petang tadi pedagang bersama petugas pasar tengah membersihkan material reruntuhan plafon yang ambrol. Selain pasar Ir. Soekarno, angin puting beliung juga merobohkan papan baliho di sejumlah lokasi di Sukoharjo Kota. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Hingga malam ini tim dari Badan Pelaksana Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo dan warga dibantu polisi dan TNI serta petugas pemadam kebakaran melakukan evakuasi dan membersihkan sisa-sisa puing reruntuhan.

"Kami langsung melakukan berbagai langkah evakuasi pohon tumbang. Utamanya pohon tumbang yang menimpa rumah dan mobil milik warga," jelas Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA