Monday, 19 Aug 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

DBD Mewabah, Pemkot Kupang Tetapkan Status KLB

Anas Baidowi - 24/01/2019 14:55

Beritacenter.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah dengue (DBD) yang saat ini sudah ada 127 warga terpapar virus penyakit yang disebar oleh nyamuk Aedes aegypti.

Kepala Bidang Penanggulangan dan Pengamatan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsih membenarkan status DBD sebagai KLB. "Iya, Bapak Wali Kota sudah tetapkan KLB sejak Rabu, 23 Januari 2019," tuturnya, Kamis (24/1).

Dalam penetapan DBD menjadi KLB, menurutnya, sebelumnya sudah melakukan berbagai upaya diantaranya penyelidikan epidemiologi kasus, pembagian bubuk abate untuk ditabur di tempat penampungan air yang berjentik serta melakukan fogging fokus.

Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Kupang membuka posko 24 jam di 11 puskesmas yang tersebar di 6 kecamatan dan 51 kelurahan daerah itu. "Posko 24 jam itu akan siap melayani dan menolong warga yang diduga terkena DBD untuk segera mendapatkan perawatan medis agar tidak menjadi parah," katanya.

Koordinasi dengan semua rumah sakit juga dilakukan untuk mengetahui jumlah pasien DBD. Pihaknya juga memantau ketersediaan obat-obatan yang akan disuplai ke puskesmas-puskesmas.

Kepada masyarakat, diimbau untuk tetap menjaga lingkungan tempat tinggal agar tetap bersih dan tidak menjadi sarang pengembang biakan jentik nyamuk, serta terus melakukan aksi 3M plus.

"Penyakit ini berbasis lingkungan. Karena itu, kita berharap masyarakat untuk bisa menjaga lingkungan tempat tinggal agar selalu bersih," kata Sri Wahyuningsih.

 




Berita Lainnya

3 Fakta Dibalik Naiknya Iuran BPJS Kesehatan

16/08/2019 11:35 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA