Thursday, 22 Aug 2019
Temukan Kami di :
Investasi

Presiden Jokowi Minta Nelayan Manfaatkan Bank Mikro Untuk Modal Investasi

Indah Pratiwi - 23/01/2019 02:31

Beritacenter.COM - Bank Mikro merupakan tempat pinjaman agar para nelayan dan petani bisa memperluas dan menambah modal kerja untuk investasi.

“Pemerintah menargetkan bisa menyalurkan Rp 975 miliar untuk Bank Mikro Nelayan, namun sejauh ini yang tersalur baru Rp132 miliar,” ucap Presiden Joko Widodo(Jokowi) saat bersilaturahmi dengan sekitar 300 nelayan dari seluruh Indonesia, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Jokowi melanjutkan, mereka terdiri dari pembudi daya ikan, pengolah ikan, pedagang, pembuat jaring ikan, dan unsur nelayan lainnya. Bunga yang ada di Bank Mikro Nelayan juga sangat kompetitif, hanya 3 persen.

“Jadi manfaatkanlah . Tapi gunakan untuk usaha, gunakan untuk modal kerja, gunakan untuk mudah investasi, gunakan. Ini memang disiapkan untuk nelayan. Bunganya sangat murah sekali, 3%, murah sekali,” ujarnya.

Perlu diketahui bank mikro disiapkan secara khusus untuk memberikan bantuan modal kerja dan modal investsi bagi para nelayan dan pembudidaya ikan.

Meski demikian, Kepala Negara mengingatkan untuk melakukan kalkulasi usaha sebelum melakukan peminjaman untuk modal kerja, bukan untuk hal yang bersifat konsumtif semata.

“Kalau pinjam misalnya Rp300 juta, yang Rp150 juta jangan untuk beli mobil atau Rp15 juta untuk beli motor, untuk gagah-gagahan. Enam bulan gagah selanjutnya enggak bisa nyicil, bank ya tarik,” lanjutnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA