Friday, 20 Sep 2019
Temukan Kami di :
Kriminal

Polisi Buru 2 Muncikari Lain Kasus Prostitusi Artis

Fani Fadillah - 21/01/2019 20:16

Beritacenter.COM - Dari penangkapan empat muncikari prostitusi artis, polisi berhasil mendapatkan dua identitsa muncikari lainnya. Terbongkarnya dua orang muncikari ini, hasil dari sinkronisasi antara keterangan 4 muncikari dengan data digital yang sudah dikantongi polisi.

Dua orang muncikari tersebut berinisial D dan R. Berbeda dengan 4 muncikari yang sudah tertangkap, keduanya diketahui berjenis kelamin laki-laki.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jatim Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan menyebut, polisi sudah melakukan profiling terhadap identitas kedua muncikari yang sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) itu.

Identitas keduanya terkuak, setelah penyidik melakukan upaya sinkronisasi dari data digital forensik yang didapat, dari chatting, gambar maupun dari transaksi keuangan. Selain itu, pihaknya juga mendapatkan data dari dunia maya yang disinkronisasikan dengan data dari registrasi telepon, dan kontak.

"Data ini kami sesuaikan sehingga kami dapat nama yang valid, untuk selanjutnya ditindaklanjuti ke penyidikan hingga upaya penangkapan," tegasnya, Senin (21/1).

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menambahkan, kedua DPO tersebut juga memiliki jaringan tersendiri. Jika nanti keduanya tertangkap, maka sudah ada 6 muncikari yang akan ditelusuri jaringannya.

"Penyidik sudah melakukan profiling berdasarkan keterangan dari muncikari ES, TN, W dan F, yang sudah di BAP (berita acara pemeriksaan). Kalau dua (DPO) ini tertangkap jadi 6 (muncikari)," ungkapnya.

Terkait dengan peranan dua muncikari DPO tersebut, Kapolda menyebut mereka memiliki jaringan tersendiri, berbeda dengan 4 muncikari yang sudah tertangkap lebih dulu.

"Pokoknya kami akan berantas sampai ke akar-akarnya. Kami akan fokus pada prostitusi online ini. Alhamdulillah kami juga banyak mendapat dukungan dari ulama," tandasnya.

Sebelumnya, Kamis (17/1) sekitar pukul 19.00 Wib muncikari W yang mengenakan kerudung hijau, digiring ke ruang Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim, didampingi sejumlah penyidik. Wajahnya pun disembunyikan dengan menggunakan tas warna putih yang dibawanya.

Tidak sepatah katapun yang diucapkan oleh wanita berkerudung hijau ini. Ia langsung menuju ruang Siber, dengan pengawalan ketat sejumlah penyidik.

Selain muncikari W yang akhirnya diketahui bernama Windi, polisi juga telah menangkap muncikari ES dan TN. Polisi juga menangkap muncikari Fitria alias Fitri. Dalam kasus ini, jumlah muncikari yang sudah ditangkap adalah 4 orang. Sedangkan jumlah tersangka dalam kasus prostitusi artis, total ada 5 orang jika dihitung bersama dengan Vanessa Angel.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA