Wednesday, 16 Oct 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Berikut Hoax Terparah Prabowo Saat Debat

Lukman Salasi - 18/01/2019 13:14

BeritaCenter.com – Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto melontarkan beberapa pernyataan yang tidak sesuai dengan fakta alias hoax. Salah satunya saat Prabowo menyebut Partai Gerindra memiliki caleg perempuan terbanyak. Padahal kenyataannya tidak demikian.

"Kita lihat tadi Pak Prabowo menyatakan bahwa partai dia, Partai Gerindra, adalah partai yang mempunyai komposisi caleg perempuan terbanyak, padahal itu bohong. Dalam data verifikasi KPU, partai yang mempunyai komposisi perempuan terbanyak adalah Partai Garuda," kata Sekjen Perindo Ahmad Rofiq di sela-sela acara nonton bareng debat di Rumah Aspirasi, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2019).

Rofiq menyebut Partai Gerindra justru memiliki komposisi caleg perempuan yang paling sedikit. Rofiq lalu mempertanyakan bagaimana seorang calon presiden bisa berbicara tanpa data.

"Beliau memiliki partai yang paling sedikit komposisi perempuannya. Bagaimana dia bisa bilang pembela emak-emak? Itu adalah hoax. Jadi bagaimana mau menjadi presiden kalau data saja tidak menguasai? Bagaimana mau menjadi presiden kalau dalam perbincangan perdebatan tidak mempunyai data, tidak menggunakan data dengan benar," ujarnya.

Selain itu juga, Prabowo sempat mengeluarkan pernyataan Jawa Tengah lebih besar dari Malaysia dalam debat perdana. Dampaknya yaitu banyak netizen yang me-mention Ganjar di Twitter dengan pernyataan Prabowo tersebut. Salah satu akun bertanya kepada Ganjar soal sebenarnya luas mana antara Jateng dan Malaysia. Namun Ganjar ternyata menjawabnya dengan bercanda.

"Lebih luas hatimu yang bersih & pemaaf," jawab Ganjar lewat akun twitternya, Jumat (18/1/2019) dini hari.

Ganjar kemudian memposting data yang menyebutkan menurut BPS tahun 2014-2017 luas Jateng adalah 32.544,12 km2 sedangkan luas Malaysia berdasarkan KBRI Kuala Lumpur yaitu 329.847 m2.

"Koreksi itu kebaikan bersama," tulis ganjar dalam captionnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA