Monday, 19 Aug 2019
Temukan Kami di :
Kriminal

Perang Melawan Miras, Polres Tuban Gerebek Dua Pabrik Miras

Indah Pratiwi Budi - 18/01/2019 10:59

Beritacenter.COM - Polisi terus gencar memerangi minuman keras, hal ini juga dilakukan oleh Polres Tuban. Hampir setiap bulan anggota kepolisian menggerebek pabrik arak yang beroperasi di wilayah Kabupaten Tuban.

Namun, upaya ini tidak membuat jera para pelaku, bahkan pabrik baru terus bermunculan dengan berbagai cara atau modus yang dilakukukan pelaku untuk mengelabuhi petugas.

Kali ini penggerebekan dilakukan terhadap 2 pabrik arak di Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Usaha ilegal beroperasi di belakang rumah pelaku Iswahyudi dan Firman, yang masih berstatus paman dan ponakan.

Menurut AKBP Nanang Haryono, Kapolres Tuban, untuk mengelabuhi warga sekitar dan aparat penegak hukum, tersangka memproduksi arak saat dini hari. Selanjutnya menjelang pagi, arak yang telah dikemas botol langsung diambil pembeli untuk dibawah ke luar kota.

Baca Juga :

Dengan pembeli mengambil arak hasil produksi pelaku, membuat warga tidak pernah curiga apabila pelaku tersebut memproduksi arak selama ini, meski baru beroprasi 3 bulan ini, masyarakat tidak menaruh curiga.

Pasalnya, palaku sehari hari biasa di rumah dan tidak pernah tampak bepergiaan untuk mengantar barang. Namun berkat usaha keras jajaran polsek semanding, usaha pelaku terendus petugas dan digrebek.

"Selain menangkap tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya dua set peralatan produksi arak, baceman sebanyak 1800 liter, dan 280 liter arak siap edar," jelas AKBP Nanang Haryono.

Pemerintah Kabupaten Tuban berkomitmen tahun 2019 zero miras, dan para pelaku akan di jerat dengan undang-undang pangan nomor 18 tahun 2012 dengan ancaman 15 tahun penjara.

Diketahui pabrik arak ini baru beroperasi awal Januari 2019, dalam sehari mereka mampu memproduksi sedikitnya 100 liter arak siap edar. Sementara distribusi dilakukan ke sejumlah daerah di wilayah Jawa Timur.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA