Thursday, 21 Feb 2019
Temukan Kami di :
Politik

Selain Menteri ESDM, Pertamina Juga Jawab Pernyataan Stok BBM 20 Hari yang Disebut Prabowo

Fani Fadillah - 18/01/2019 08:40

Beritacenter.COM - External Communication Manager PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita turut memberikan jawaban terkait pernyataan Prabowo yang menyebut bahan bakar minyak (BBM) hanya tahan sampai 20 hari.

Arya menjelaskan, cadangan BBM sendiri disesuaikan dengan kebutuhan konsumsinya. Menurutnya, kebutuhan masing-masing negara berbeda.

Baca juga:

"Pertama gini stock energi BBM sebuah negara diperhitungkan kelaziman kebutuhan, untuk negara-negara itu masing-masing beda, untuk Amerika, Eropa, Indonesia dan negara 4 musim beda," katanya, Kamis (17/1/2019).

Dia menyebut, cadangan 20 hari aman karena menimbang kebutuhan BBM dalam negeri.

"Artinya, kenapa, pertama dilihat kebutuhan riil masyarakat segitu, untuk BBM 20 hari aman, kenapa behavior konsumsi, infrastruktur penyimpanan di mana-mana itu mencukupi untuk 20 hari," ungkapnya.

"Yang dipastikan 20 hari bukan cuma 20 hari, artinya setiap hari direfill," tambahnya.

Selanjutnya, dia mengatakan, cadangan bahan bakar biasanya menimbang iklim suatu negara. Bukan hanya itu, cadangan bahan juga menimbang stabilitas negara tersebut.

"Kemudian kita negara tropis beda konsumsi bahan bakar dengan negara 4 musim, saat musim dingin konsumsi bahan bakar cenderung meningkat. Artinya itu pun faktor alam cuaca juga mempengaruhi behavior perhitungan standar aman stock negara itu, itu menjadi pertimbangan bahwa 20 hari aman," terangnya.

"Ada satu lagi, mungkin geopolitik, di negara rawan konflik misal konflik antar negara dalam kondisi perang pasti beda ketahanan bakar minyak pasti beda, itu bisa menjadi referensi berapa stock negara itu," pungkasnya.




Berita Lainnya

Ma'ruf Amin: Tahu Apa Ahmad Dhani Tentang NU?

21/02/2019 13:36 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA