Thursday, 21 Feb 2019
Temukan Kami di :
Politik

Waduh, Prabowo Sebut Korupsi di Indonesia Tak Seberapa!

Fani Fadillah - 18/01/2019 07:26 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Beritacenter.COM - Komitmen capres 02 Prabowo Subianto untuk memberantas korupsi dipertanyakan usai debat perdana. Pasalnya saat menjawab pertanyaan capres 01 Joko Widodo, Prabowo mengatakan bahwa tak masalah jika caleg Gerindra mantan koruptor, bahkan ia menyebut mungkin saja anak buahnya korupsi dengan nilai tak seberapa.

Baca juga:

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Abdul Kadir Karding menilai apa yang dikatakan Prabowo sama saja membenarkan perilaku korupsi.

"Menurut saya itu bagian dari mengamini perlakuan korupsi, itu mengendorse perlakukan korupsi. Saya kira itu sangat bertentangan dengan prinsip gratifikasi, prinsip integritas, prinsip-prinsip bagaimana membangun aparat, birokrasi, sistem yang bersih dari korupsi," ujar Karding usai debat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1).

Menurutnya, pernyataan Prabowo adalah blunder. Sebagai pemimpin sangat tidak pantas memberikan kelonggaran demikian.

"Itu enggak boleh pemimpin mengatakan seperti itu," katanya.

Sikap Prabowo itu juga memperlihatkan sikap tidak konsisten dalam pemberantasan korupsi. Bahwa apa yang diucap berbeda dengan sikap Prabowo yang mengesahkan mantan koruptor menjadi caleg.

"Semua perbuatan melanggar hukum itu harus ditindak," kata Karding.

Sebelumnya, saat ditanya Jokowi soal adanya caleg dari Partai Gerindra adalah mantan napi korupsi, Prabowo memberikan jawaban.

"Jadi mantan napi korupsi saya kira kita pelajari. Ini kan demokrasi, kita umumkan saja ke rakyat, kalau rakyat enggak mau milih ya jangan dipilih. Yang jelas pak, kalau kasus itu sudah melalui proses dan sudah dihukum dan kalau hukum mengizinkan masih bisa dan rakyat menghendaki ya tidak apa-apa. Mungkin korupsinya enggak seberapa, kalau mencuri ayam itu salah, kalau merugikan rakyat itu yang harus diutamakan," jawab Prabowo.




Berita Lainnya

Ma'ruf Amin: Tahu Apa Ahmad Dhani Tentang NU?

21/02/2019 13:36 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA