Wednesday, 23 Oct 2019
Temukan Kami di :
News

Ini Jawaban Menteri Jonan Terkait Pernyataan Prabowo Soal Cadangan BBM

Kalau 21 hari apa cukup? Loh, selama ini Pertamina misalnya, itu kan impornya, kapalnya bisa datang tiap hari, jadi 21 hari ini cadangannya tidak masalah. Loh, selama ini apakah masalah? Secara nasional apakah ada kekurangan pasokan nasional BBM? kan tidak ada

Aisyah Isyana - 17/01/2019 15:29

Beritacenter.COM - Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto menyebut cadangan bahan bakar minyak (BBM) Indonesia hanya cukup untuk 20 hari. Menepis pernyataan Prabowo, Menteri ESDM Ignasius Joan menyebut cadangan BBM cukup untuk 21 hari.

Menurutnya, hal yang lebih penting untuk saat ini adalah tak terjadinya kelangkaan BBM di pasaran. "Begini, kalau BBM itu betul, kurang lebih itu, tergantung jenis ada yang kerosin, ada yang avtur, pertaseries, premium dan sebagainya" ungkap Menteri Jonan saat melakukan kunjungan kerja ke Pertamina RU Plaju Palembang, Kamis (17/1).

Baca juga :

Dari berbagai jenis BBM itu, Menteri Jonan memastikan cadangan BBM cukup untuk 21 hari. "Ya mungkin rata-rata kurang lebih 21 hari, kecuali minyak tanah mungkin lebih panjang," jelasnya.

Jonan mengatakan, cadangan BBM 21 hari itu diperuntukkan bagi BBM jadi atau siap edar. Menurutnya, banyaknya cadangan itu bergantung pada tempat penampungan dan biaya yang sanggup dikeluarkan.

"Bisa saja ditambah lebih panjang, tapi ongkosnya lebih besar karena biaya persediaannya akan lebih besar, harus membangun tempat penampungan baru dan sebagainya, kan tidak perlu," ujarnya.

Meski pasokan BBM yang disebut cukup untuk 21 hari, Jonan kembali menegaskan realisasi pasokan BBM selama ini tetap berjalan normal. Bahkan, sejauh ini tak ada gejolak akibat terjadinya kelangkaan BBM.

"Kalau 21 hari apa cukup? Loh, selama ini Pertamina misalnya, itu kan impornya, kapalnya bisa datang tiap hari, jadi 21 hari ini cadangannya tidak masalah. Loh, selama ini apakah masalah? Secara nasional apakah ada kekurangan pasokan nasional BBM? kan tidak ada," pungkasnya.

Untuk diketahui, capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, dalam pidato kebangsaan Senin malam, mengatakan cadangan BBM di Indonesia hanya bisa bertahan 20 hari.

"Apakah negara yang cadangan bahan bakarnya hanya bisa bertahan 20 hari, cadangan berasnya juga hanya bisa bertahan tiga minggu, saudara-saudara apakah ini negara yang kuat, negara yang bisa langgeng?," kata Prabowo.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA