Saturday, 23 Feb 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Bibit Tanaman Bisa Tumbuh di Bulan

Indah Pratiwi - 16/01/2019 16:16

Beritacenter.COM - Robot Misi Chang'e 4 yang dilakukan China dan mendarat di Bulan mulai menunjukkan hasil positif. Benih tanaman yang turut dibawa ke Bulan mulai mengeluarkan tunas muda.

"Pertama dalam sejarah manusia: Benih kapas yang dibawa ke Bulan oleh pesawat Chang'e 4 China telah bertunas, foto tes terbaru menunjukkan itu, menandai penyelesaian percobaan biologis pertama manusia di Bulan," tulis People's Daily, China lewat cuitannya, Selasa(15/1/2019).

BACA JUGA

Benih kapas itu tumbuh bukan dengan bersentuhan langsung dengan permukaan Bulan, tetapi dalam biosfer yang tertutup rapat dengan asupan iklim dan makanan yang telah diatur. Selain kapas, China juga menyertakan bibit kentang, ragi, dan telur lalat untuk melakukan pengujian.

Saat ini peneliti China masih melakukan serangkaian pengujian yang harus dilakukan. China harus menunjukkan bahwa tanaman itu bisa terus tumbuh. Berbeda dengan proses penanaman di Bumi, di Bulan peneliti harus membuat perubahan dramatis demi menjaga kondisi biosfer dan interior tempat pembibitan relatif konsisten.

"Ini menunjukkan bahwa mungkin tidak ada masalah yang tidak dapat diatasi untuk para astronaut di masa depan yang mencoba menanam tanaman mereka sendiri di Bulan di lingkungan yang terkendali," ucap Watson kepada BBC.

"Saya pikir pasti ada banyak kepentingan dalam menggunakan Bulan sebagai pos, terutama untuk penerbangan ke Mars, karena itu relatif dekat Bumi."

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA