Friday, 06 Dec 2019
Temukan Kami di :
Kriminal

Komisaris Polisi "Gadungan" Berhasil Diamankan Polisi Terkait Kasus Penipuan

Indah Pratiwi Budi - 11/01/2019 08:46

Beritacenter.COM - Ferry Syahputra Hasibuan (28), diamankan polisi setelah melakukan penipuan dengan cara bisa meluluskan anaknya menjadi anggota polisi.

Peristiwa ini berawal ketika anak Suradi, Dimas Budi Prasetyo mendaftar menjadi calon bintara polri. Saat sedang proses rekrutmen anggota Polri, pada 21 juni 2018, Suradi didatangi oleh Ferry Syahputra hasibuan dirumahnya.

Agar kobannya yakin, Ferry mengaku sebagai anggota polisi berpangkat komisaris polisi yang memiliki akses untuk memuluskan pendaftar anggota polri, bisa lolos seleksi.

Sebagai syaratnya, Suradi harus menyerahkan uang sekitar Rp 350 juta untuk biaya latihan dan menyuap tim seleksi bintara polri. Saat rekrutmen berlangsung, para korban juga dilatih oleh Ferry di kawasan Tawang Mangu Kabupaten Karang Anyar Jawa Tengah.

Suradi kemudian menyerahkan dana kepada Ferry, salah satu buktinya kuitansi transaksi uang senilai Rp 80 juta melalui rekening bca pada tanggal 3 Desember 2018.

Untuk meyakinkan korban, Ferry juga menyatakan Dimas Budi Prasetyo lolos seleksi bintara polri, sehingga diberikan seragam polisi.

AKP Muhamad Indra Nadjib, Kasat Reskrim Polres Ngawi, mengatakan, dalam proses penyelidikan dan penyidikan, korban penipuan yang dilakukan oleh Ferry Syahputra Hasibuan sebanyak 12 orang dari berbagai daerah di jawa timur.

"Korban dari Ngawi sebanyak 4 orang, namun hanya suradi yang berani melapor ke Polres Ngawi," katanya.

Kasus penipuan massal tersebut, tak hanya ditangani oleh Polres Ngawi saja, tetapi juga oleh Polda Jawa Timur, karena korbannya banyak.




Berita Lainnya

Terduga Teroris di Papua Diringkus Polisi

06/12/2019 01:18 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA