Thursday, 17 Jan 2019
Temukan Kami di :
Ekonomi

Kunjungi Gudang Beras, Presiden Jokowi: Stok Beras Aman dan Melimpah

Indah Pratiwi - 10/01/2019 13:02

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan tinjauan ke gudang beras milik Bulog dan menyatakan bahwa stok beras aman dan melimpah saat ini, sehingga harga beras bisa terjaga stabil di pasaran dan bahkan turun.

Presiden Jokowi didampingi Menteri Menteri Perdangangan Enggartiasto Lukita, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, dan Direktur Utama Bulog Budi Waseso langsung mengecek ketersedian beras.

"Stok beras saat ini mencapai 2,1 juta ton. Ini sebuah stok yang besar kalau kita lihat. Dulu, kalau Desember masih setengahnya, sekarang tinggi. Stok beras ini harus kita pakai untuk menjaga agar harga bahan pokok bisa sedikit turun," ucap Jokowi, Kamis(10/1/2019).

Jokowi melanjutkan, berdasar informasi harga beras di beberapa tempat mulai stabil. Meski demikian, pemerintah akan tetap melakukan operasi pasar untuk menjaga ketersediaan beras.

"Saya mendapatkan informasi dari Bulog di Cipinang, bahwa harga beras trennya turun karena Bulog sudah melakukan operasi pasar. Memberikan suplai untuk kebutuhan masyarakat," katanya.

Dengan adanya operasi pasar, kata Jokowi, dapat meyakinkan masyarakat bahwa stok beras di Indonesia melimpah. Hal ini juga untuk mencegah permainan harga beras di pasar oleh pihak tidak bertanggung jawab.

"Ya (operasi pasar) memang untuk memberi keyakinan kepada masyarakat. Setiap saat diperlukan, Bulog siap. Karena biasanya kalau stok beras sedikit akan banyak spekulasi di pasar," ungkapnya.




Berita Lainnya

Rupiah Melemah ke Level Rp14.155 per USD

16/01/2019 10:10 - Fani Fadillah

Beli Motor dan Mobil Kini Bisa Tanpa DP

10/01/2019 16:36 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA