Wednesday, 20 Mar 2019
Temukan Kami di :
Ekonomi

Bank Dunia Prediksi Pertumbuhan Global Melambat Tahun Ini

Indah Pratiwi - 09/01/2019 17:50

Beritacenter.COM - Pertumbuhan ekonomi global akan melambat menjadi 2,9% pada tahun ini dibandingkan tahun 2018 yang mencapai 3%. Pelambatan itu disebabkan dengan meningkatnya ketegangan perdagangan serta moderasi perdagangan dunia.

"Pada awal tahun 2018 ekonomi global menggeliat di semua sisi, tetapi kemudian kehilangan kecepatan selama tahun ini dan itu bisa semakin memburuk di tahun mendatang," kata Kepala Eksekutif Bank Dunia Kristalina Georgieva dalam laporan semi-tahunan mengenai Prospek Ekonomi Global seperti dikutip Reuters, Rabu (9/1/2019).

Perlambatan ekonomi global juga disebabkan faktor Amerika Serikat (AS) dan China terlibat dalam perseteruan perdagangan yang sengit, yang telah menyentak pasar keuangan di seluruh dunia selama berbulan-bulan.

Kedua negara ekonomi dunia itu saling menerapkan tarif pada barang-barang ekspor satu sama lain. Meskipun, saat ini ada tanda-tanda kemajuan negosiasi antara kedua negara telah dibahas namun masih belum terjadi kesepakatan.

Bank Dunia memprediksi pertumbuhan di Amerika Serikat akan melambat menjadi 2,5% tahun ini dari 2,9% pada 2018, sementara China diperkirakan tumbuh 6,2% pada tahun ini dibandingkan dengan 6,5% pada 2018.

Bank Dunia dalam analisanya juga memprediksi ekonomi negara-negara berkembang akan tumbuh 3,9%-4,2% tahun ini.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA