Wednesday, 16 Oct 2019
Temukan Kami di :
News

Ini Tampang Penyebar Hoax 7 Kontainer Surat Suara di Tanjung Priok

Anas Baidowi - 09/01/2019 10:49

Beritacenter.COM - Bareskrim Mabes Polri akhirnya mengungkap pelaku pembuat berita hoax adanya 7 unit kontainer berisikan 7 juta surat suara di Tanjung Priok yang membuat geger jagat politik tanah air beberapa hari terakhir ini.

Nama tersangka tersebut adalah Bagus Buwana Putra (BBP) yang merupakan eks Wakil Ketua Kornas Prabowo Presiden.

"Dari hasil pemeriksaan alat bukti yang dimiliki dengan pembuktian secara ilmiah, kemarin, Bareskrim Mabes Polri amankan tersangka atasnama B (BBP)," kata Karopenmas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo saat konferensi pers di gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (9/1/2019).

Baca Juga: Kualitas Visi dan Misi Prabowo-Sandi Seperti Tong Kosong ?

Ia juga menjelaskan bahwa untuk kasus rekaman suara yang menjadi dasar berita bohong itu semakin masif tersebar, Brigjen Pol Dedi menegaskan bahwa Bagus Buwana Putra adalah aktor intelektualnya.

"Tanggal 1 dia buat narasinya, tanggal 2 ia buat voice-nya. Untuk kasus rekaman suara, dia pelakunya karena dia yang memproduksi, sekaligus dia juga sebagai buzzer yang menyebarkan," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Siber Bareskrim Mabes Porli, Brigjen Pol Albertus Rachmad Wibowo menjelaskan bahwa sebelum kepolisian menangkap tersangka, Tim Siber juga sudah mengamankan beberapa orang yang menjadi penyebat hoax 7 unit kontainer itu.

"Kami dari Direkorat Siber lakukan penyidikan dan kita tangkap beberapa di Bogor, Jateng, Banten dan Kalimantan Timur. Sampai akhirnya kami bisa deteksi suara yang beredar tersebut kita yakini suara tersangka adalah BBP," ujar Rachmad.

Baca Juga: Siswi Cantik Dibunuh, Wali Kota Bogor: Kejadian Ini Sangat Biadab!

Bahkan ia juga menyampaikan bahwa tersangka sempat melarikan diri dan mencoba menghapus jejak digitalnya. Namun dalam waktu singkat, ia menyampaikan tim kepolisian berhasil membekuknya di kawasan Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

"Dia posting rekaman audio dan tulisan di beberapa platform, di WAG, medsos dan begitu viral dia tutup akun dan HP juga dibuang dia larikan diri," jelasnya.

"Tersangka kita tangkap di wilayah Sragen, kita lakukan pemeriksaan. Dibenarkan suara autentik adalah BBP," tutup Rachmad Wibowo.

Hingga sampai saat ini kepolisian masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait pengungkapan kasus yang dilakukan oleh Bagus Buwana Putra.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA