Friday, 18 Jan 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Untuk Melestarikan Dan Mempromosikan Batik, Bupati Pamekasan Berikan Motif Batik Pada Mobil Dinas

Indah Pratiwi Budi - 09/01/2019 09:39

Beritacenter.COM - Batik merupakan warisan budaya nusantara (Indonesia) yang mempunyai nilai dan perpaduan seni yang tinggi.

Hal yang unik diperlihatkan Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, untuk mempromosikan batik asal Pamekasan.

Dia, membuat semua mobil dinas di kabupaten tersebut dengan motif batik. Harapannya, batik Pamekasan semakin lestari dan dikenal masyarakat.

Motif batik yang digunakan adalah batik Sekar Jagad. Corak batik yang merupakan kumpulan seluruh batik di Pamekasan itu ditempel pada bagian belakang mobil.

Baca Juga :

Menurut Badrut, Ingin menguatkan batik sebagai identitas Pamekasan dan ada 90 unik mobil dinas yang akan diberi motif batik.

"Batik kami semakin lestari dan dikenal masyarakat," katanya.

Dia menegaskan, batik merupakan identitas Pamekasan. Produk lokal Pamekasan adalah batik. Karena itu, batik tidak bisa terpisahkan dari kabupaten tersebut.

"Detik ini, kami tegaskan bahwa Pamekasan adalah Kota Batik," ungkap dia.

Badrut juga mengatakan, batik merupakan urat nadi Pemekasan. Karena itu, budi daya dan semua hal tentang batik harus ditularkan kepada masyarakat.

"Kami ingin bersama-sama mewujudkan Pamekasan Parjugeh, Rajjreh, dan Bajjreh," ujarnya.

Dia yakin branding mobil dinas merupakan cara terbaik untuk memopulerkan batik tersebut. "Ini juga satu-satunya cara yang diterapkan pemerintah daerah di Indonesia," ucapnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA