Tuesday, 21 May 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

CNSA Tiongkok Berhasil Jelajahi Bulan

Indah Pratiwi - 03/01/2019 11:41

Beritacenter.COM - Lembaga Angkasa Nasional China (CNSA) sukses mendaratkan pesawat luar angkasanya dengan sempurna di "sisi jauh" Bulan yang selama ini belum pernah dijelajahi manusia.

Dikutip The Guardian, CNSA ingin mengeksplorasi lembah yang berada di wilayah kutub selatan Aitken. Lembah ini merupakan kawah yang tertua dan terdalam di Bulan lantaran diketahui pernah ditabrak oleh meteor ribuan tahun silam.

Mengeksplorasi kawah bulan itu bertujuan membantu manusia belajar lebih banyak tentang kapan peristiwa ini terjadi. Eksplorasi juga memberikan petunjuk seperti apa lingkungan Tata Surya saat itu.

Dalam Misi Chang'e 4 China yang mengandalkan rover ini telah memasuki jalur elips mengelilingi Bulan sejauh 15 km dari permukaan. Hingga saat ini China belum mengkonfirmasi kapan tepatnya rover itu akan sampai di Aitken.

CNSA sendiri telah mengabadikan sisi jauh bulan sebelumnya, tetapi tidak ada pendaratan yang pernah menyentuh sisi lain Bulan itu. Hal tersebut karena sangat sulit berkomunikasi dengan robot di sisi Bulan yang tidak bisa dilihat dari Bumi.

Apabila misi ini berhasil, maka Chang'e akan menandai langkah menuju ambisi China untuk menjadi kekuatan utama dalam eksplorasi ruang angkasa bersama AS dan Rusia.



Berita Lainnya

Ini Dia Harga dan Jadwal Peluncuran PS5

15/05/2019 16:05 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA