Monday, 19 Aug 2019
Temukan Kami di :
Ekonomi

KEIN Akui Joko Widodo Mampu Buat Ekonomi Indonesia Makin Baik

Indah Pratiwi - 03/01/2019 09:11

Beritacenter.COM - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) mengakui pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah menunjukkan kinerja yang sangat baik di bidang ekonomi.

"Datanya jelas dan bisa diakses siapa saja, asal jangan dipelintir. Semua itu bisa kita buktikan. Ada banyak keberhasilan yang saya catat," ujar Wakil Ketua KEIN, Arif Budimanta di Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Dia melanjutkan, data yang disampaikan oleh Arif antara lain kenaikan harga yang relatif terjaga. Inflasi hanya di kisaran 3% yang menunjukkan tidak ada gejolak berarti bagi masyarakat.

"Bahkan di era pemerintahan Presiden Jokowi, harga bahan bakar minyak tidak lagi timpang, karena sudah satu harga di seluruh Indonesia," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pada bulan Maret 2018, tingkat kemiskinan tercatat sebagai yang terendah sepanjang masa, yaitu 9,82%. Begitu juga dengan pengangguran terbuka yang hanya berada di kisaran 5,13%. Kondisi ini menunjukkan bahwa rakyat semakin sejahtera karena makin banyak lapangan kerja.

"Layanan kesehatan semakin merata dan mudah dijangkau," tuturnya.

Bukan itu saja, pendidikan warga semakin baik khususnya para pelajar. Tingkat harapan lama sekolah sudah mencapai 12,85 tahun. Dari sisi pemerataan, proporsi total kekayaan nasional yang dikuasai 1% dan 10% warga makin berkurang di Indonesia.

Bahkan harga BBM tidak lagi ada disparitas yang tinggi karena implementasi kebijakan BBM Satu Harga.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA