Friday, 18 Oct 2019
Temukan Kami di :
Opini

Hukum Menikahi Calon Pasangan Hidup Yang Pernah Berzina, Bolehkah ?

Indah Pratiwi - 21/12/2018 12:35 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Zina atau maksiat merupakan perbuatan yang Allah SWT benci sehingga diharamkan untuk menikahi orang beriman yang bersih. Melakukan hubungan suami-istri di luar nikah rupanya mendapat ancaman dan laknat dari Allah sehingga mereka diberi gelar pezina.

Dilansir Konsultasi Syariah, rupanya orang-orang beriman dilarang menikahi calon pasangan hidup yang pernah berzina melakukan hubungan suami-istri di luar nikah sampai dia bertaubat.

BACA JUGA

Seorang pria beriman diharamkan oleh Allah SWT untuk menikahi wanita pezinah sampai dia bertaubat. Begitu pula seorang wanita beriman diharamkan menikahi pria pezinah sampai dia bertaubat, Jumat(21/12/2018).

Allah SWT Berfirman
"Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas oran-orang yang mu'min."(QS. An-Nuur:3).

Menurut Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan, orang-orang yang pernah berzina dia akan digelari oleh Allah SWT sebagai pezinah. Selama pelaku zina itu belum bertaubat sungguh-sungguh, maka gelar pezina itu akan tetap melekat pada dirinya. Dan selama gelar pezina melekat pada dirinya, mereka tidak diperkenankan menikah dengan pasangannya sampai mereka bertaubat.

“Dan hal itu diharamkan bagi orang yang beriman” maksudnya, haram baginya untuk menikah dengan wanita pelacur, atau menikahkan wanita yang baik dengan lelaki hidung belang. "(Tafsir Ibnu Katsir, 6:9).

 

Wallahu A'lam Bishawab

 

 




Berita Lainnya

Sudahkah Jokowi Menjadi Manusia Merdeka?

18/10/2019 09:02 - Indah Pratiwi Budi

Profesor Yang Handal Mendidik Hanum

17/10/2019 10:40 - Indah Pratiwi Budi

Runtuhnya Sila Kedua di Medsos

16/10/2019 13:24 - Indah Pratiwi Budi

Yang Teriak-Teriak Kapir Ternyata Kapir

15/10/2019 12:13 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA