Tuesday, 26 Jan 2021
Temukan Kami di :
Nasional

Setelah Gencar Bangun Infrastruktur, Jokowi Juga Ingin Bangun SDM Secara Besar-besaran

Setelah besar-besaran kita bangun infrastruktur di tanah air. Tahapan besar kedua nanti adalah pembangunan SDM juga secara besar besaran.

Aisyah Isyana - 10/12/2018 23:56

Beritacenter.COM - Pembangunan infrastruktur gencar dilakukan Jokowi dalam berapa tahun terakhir selama menjabat sebagai Presiden. Tahapan selanjutnya, Jokowi mengaku akan melakukan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) secara besar-besaran pula.

"Setelah besar-besaran kita bangun infrastruktur di tanah air. Tahapan besar kedua nanti adalah pembangunan SDM juga secara besar besaran. Hanya memang ini belum kita sampaikan secara detail nanti akan kita sampaikan secara detail di lain waktu," kata Jokowi saat mengisi pidato dalam acara rapat kerja nasional Bravo-5 di Ballroom Putri Duyung Cottage, Ancol, Jakarta Utara, Senin (10/12) malam.

Baca juga :

Rencana pembangunan SDM yang masih dalam tahap pematangan itu, telah dikonsultasikan Jokowi bersama para pakar terkait. Menurutnya, pembangunan SDM merupakan pondasi penting yang harus diperhatikan jika kembali terpilih di Pilpres 2019.

"Sudah saya tanyakan pakar-pakar besar yang lebih bahwa namanya infrastruktur itu prasyarat, pembangunan sumber daya manusia adalah pondasi yang harus kita kerjakan," kata dia.

"Masih banyak pekerjaan besar yg harus kita kerjakan yang ini kadang kadang memang ada yang merasakan pahit, ada yang merasakan sakit, tetapi inilah jalan yang harus kita tempuh," sambungnya.

Mantan Wakil Kota Solo itu tak ingin membangun negara dan rakyat lewat cara instan, dengan sekadar memperbanyak bantuan sosial. "Rakyat (memang) senang, tentu itu bukan sebuah jalan untuk membangun sebuah bangunan yang kokoh bagi negara kita dan itu kita tempuh, kita berani," ucap Jokowi.

Jokowi menambahkan, pembangunan infrastruktur tak hanya gencar dilakukan di Pulau Jawa saja. Namun, pemerintahu juga fokus membangun infrastruktur diwilayah lain seperti Papua dan Indonesia bagian Timur, sebagai wujud keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Ini namanya bangun sebuah negara. Kalau cuma bangun di Jawa saja, kalau mau cari cepat dan enak bangun di Jawa, selesai. Pemilih ada di sini, itung-itungan ekonomi juga sama, return of investment itu lebih cepat kalau kita bangun infrastrukturnya di Jawa. Tetapi itu tidak kita lakukan karena untuk pemerataan dan keadilan," pungkas Jokowi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA