Friday, 21 Jan 2022
Temukan Kami di :
News

Soal Ribuan e-KTP Terbuang di Duren Sawit, Polisi Periksa 10 Orang Saksi

Aisyah Isyana - 09/12/2018 21:21

Beritacenter.COM - Pihak kepolisian telah memeriksa 10 saksi terkait kasus terbuangnya 2.005 e-KTP di Duren Sawit, Jakarta Timur. Para saksi yang diperiksa itu diantaranya yakni, saksi yang berada di TKP, saksi yang merupakan warga yang terdapat pada alamat KTP, dan pihak dari Dukcapil.

"Tiga orang saksi di TKP, lima orang saksi warga yang terdapat pada alamat KTP yang dibuang, dua dari dukcapil," kata Kapolres Jaktim Kombes Tony Surya Putra saat dimintai konfirmasi, Minggu (9/12/2018).

Tony menjelaskan, ribuan e-KTP yang yang dibuang itu dapat dipastikan keluaran dukcapil. Dalam hal ini, polisi menduga terbuangngnya ribuan e-KTP di Duren Sawit itu lantaran adanya kesalahan prosedur.

"Mungkin ini kesalahan prosedur KTP yang seharusnya dihancurkan tetapi dibuang diduga oleh oknum yang saat ini masih kita dalami dari saksi-saksi," ungkapnya.

Adapun rincian 2.005 e-KTP yang terbuang yakni, sebanyak 63 e-KTP rusak dan 1.942 lainnya habis masa berlaku pada 2016, 2017, dan 2018.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh sebelumnya menegaskan agar e-KTP yang sudah tak berlaku tidak boleh dibuang begitu saja. Menurutnya, ada sejumlah proses yang harus dilakukan sebelum akhirnya e-KTP itu dibuang.

"Jadi sebenarnya prosedurnya itu tidak boleh ada KTP yang dibuang. Harus dimasukkan ke dalam gudang untuk pemusnahan caranya dengan dipotong terlebih dahulu," terang Zudan.

Untuk diketahui, ribuan e-KTP yang dibuang itu ditemukan di daerah Jalan Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Sabtu (8/12) sekitar pukul 13.30 WIB. Saat ini, e-KTP itu telah diamankan polisi, setelah sebelumnya ada warga yang melapor terkait temuan tersebut.




Berita Lainnya

Lurah Kelurahan Gelora Positif Covid -19

20/01/2022 20:25 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA