Saturday, 25 Sep 2021
Temukan Kami di :
Nasional

Faktor Ini Kelompok Egianus Kogoya Bunuh Pekerja Trans Papua

Lukman Salasi - 07/12/2018 12:38

BeritaCenter.com – Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Egianus Kogoya mengungkap alasan dibalik penyerangan dan pembunuhan terhadap para pekerja proyek Trans Papua.

Kelompok Egianus yang menamakan diri Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) ini ingin Papua pisah dari Indonesia jadi faktor utama penyerangan.

Sebby Sambom, Juru bicara TPNPB, menyebut tindakannya itu bukanlah pembantain, melainkan penyerangan.

"Jadi di Yigi itu bukan pembantaian, bukan eksekusi mati seperti yang dikatakan TNI-Polri. Itu penyerangan," ungkap Sebby, Kamis (6/12/2018).

Sebby melanjutnya, jauh sebelum penembakan mengerikan di Nduga tersebut, mereka telah memperingatkan agar pembangunan jalan Trans Papua tidak dilanjutkan. Tapi proyek jalan terus sehingga mereka marah dan melakukan penyerangan.

Sebby mengatakan pihaknya tidak butuh pembangunan yang disetir pemerintah Indonesia. Sebby menekankan masalah yang terjadi di Papua bukan soal kesejahteraan, tapi masalah politik. Maka kelompok yang dipimpin Egianus Kogoya ini menolak semua bentuk pembangunan.

Mereka juga tidak mau berkompromi terhadap penawaran apapun. Mereka hanya punya satu tuntutan yang mengancam keutuhan bangsa Indonesia, yakni ingin memisahkan diri dari republik ini. "Berikan kesempatan untuk kami merdeka sendiri," ucapnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA