Monday, 10 Dec 2018
Temukan Kami di :
Internasional

Diterjang Tsunami, Masyarakat Kaledonia Baru Berhasil Selamat Berkat Peringatan Dini

Diketahui jika kejadian tersebut tidak menyebabkan korban jiwa dan sampai saat ini, belum dilaporkan adanya kerusakan.

Sari Intan Putri - 06/12/2018 10:28

Beritacenter.COM - Bencana gempa bumi berkekuatan 7,6 magnitudo yang memicu peringatan tsunami terjadi di Kaledonia Baru, Rabu (05/12/2018) waktu setempat.

Diketahui jika kejadian tersebut tidak menyebabkan korban jiwa dan sampai saat ini, belum dilaporkan adanya kerusakan.

Bencana gempa bumi tersebut juga masuk kategori gempa dangkal dengan kedalaman hanya 10 km dari permukaan bumi. Pusat gempa terjadi di tengah laut, sekitar 170 km tenggara Kepulauan Loyalty, memicu peringatan tsunami dari Pusat Tsunami Pasifik (PTWC).

Spontan pemerintah Kaledonia Baru dan Vanuatu langsung memperingatkan masyarakatnya untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi setelah PTWC memprediksi akan ada tsunami setinggi tiga meter.

Gelombang tsunami juga tercatat tercipta dari pusat gempa. Tapi, prediksi tersebut tak terbukti kebenarannya. Tsunami hanya mencapai ketinggian 72 cm, menghantam pulau Tanna di Vanuatu.

Menurut pejabat Noumea, ibu kota Kaledonia Baru, tsunami juga menghantam pantai mereka, namun tidak menyebabkan kerusakan.

"Laporan menyebut kekuatan tsunami menurun drastis dan tidak ada lagi risiko besar bagi warga. Tidak ada korban luka atau kerusakan," kata juru bicara departemen pertahanan sipil Kaledonia Baru.

Sedikitnya terjadi 10 kali gempa susulan dengan getaran terkuat mencapai 6,6 magnitudo. Kaledonia Baru adalah wilayah Prancis yang berada di Pasifik. Dengan populasi berjumlah 269 ribu orang, Kaledonia Baru dikenal sebagai salah satu penghasil utama nikel, material penting untuk komponen elektronik.




Berita Lainnya

AS Siap Bertarung Dengan Rusia dan China

07/12/2018 15:01 - Indah Pratiwi

Bom Meledak Mengguncang Pelabuhan di Iran

06/12/2018 17:19 - Indah Pratiwi

Dua Pesawat AS Jatuh di Lepas Pantai Jepang

06/12/2018 15:38 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA