Sunday, 22 Sep 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Kapolri Ungkap Kekuatan KKB Pimpinan Egianus Kogoya Tak Lebih 50 Orang

Lukman Salasi - 05/12/2018 14:36

BeritaCenter.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah mengidentifikasi pelaku teror pembunuhann pekerja proyek Trans Papua. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) piminan Egianus Kogoya disebut sebagai dalang dari teror tersebut.

Menurut Kapolri, pelaku tak lebih dari 50 orang. Jumlah senjata yang dimiliki kelompok tersebut sekitar 20 pucuk senjata api.

"Saat ini kita kirim tim gabungan Polri-TNI, dipimpin langsung oleh Kapolda dan Pangdam bergerak ke sana. Kekuatan mereka tidak banyak, lebih-kurang 30-50 orang dengan 20 pucuk," kata Tito di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2018).

Tito menceritakan sedikit tentang kelompok Egianus Kogoya. Kelompok itu disebut sempat mengganggu Pilkada di wilayah Papua. Mereka juga memeras pemerintah daerah dan masyarakat sebelum berpindah ke Nduga.

"Tapi kelompok Egianus Kogoya ini bergeser berpindah di sekitaran Nduga... dan terakhir mereka bawa, dia lihat sasaran yang mudah adalah pekerja ini. Mereka pahlawan-pahlawan untuk Pembangunan Papua. Ini mereka tanpa belas kasihan bawa dan mereka lakukan pembunuhan," ujarnya.

Personel yang sudah diturunkan kurang-lebih 154 prajurit. Tito yakin personel TNI-Polri yang jumlahnya lebih besar bisa melumpuhkan KKB.

"Kekuatan yang kita kirim jauh lebih besar karena yakin kita sebentar lagi bisa kita kendalikan," ujarnya.




Berita Lainnya

Muhammadiyah Tolak RUU Pesantren, Ini Alasannya

20/09/2019 13:48 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA