Sunday, 29 Mar 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Garis Hitam di Kuku Bisa Jadi Pertanda Kanker, Cek Kukumu Sekarang!

Fani Fadillah - 23/11/2018 11:26

Beritacenter.COM - Beberapa penyakit memiliki gejala yang berbeda-beda, salah satunya adalah garis hitam pada kuku ibu jari, pernahkah anda melihatnya?

Dikutip dari Independent, ahli perawatan kuku Jean Skinner mengatakan garis hitam mungkin saja pertanda bahwa seseorang kekurangan kalsium, hereditas, atau mungkin darah beku. Tapi, ternyata salah satu kliennya didiagnosis melanoma, yaitu kanker kulit agresif, yang telah menjalar ke kelenjar getah beningnya.

Baca juga:

Skinner pun menggugah foto kuku kliennya tersebut di akun Facebook miliknya, dan postingannya menjadi viral. Menurut sebuah penelitian kanker di Inggris, Melanoma sendiri muncul di Inggris awalnya sebanyak 4 persen dan meningkat menjadi 119 persen sejak awal 1990-an.

Penyebabnya pun bisa berbagai macam, misalnya kekurangan vitamin B12, benturan pada kuku, serta infeksi jamur. Dari beberapa penyebab tersebut, ada melanoma subungual yang dianggap paling berbahaya.

Melanoma subungual sendiri merupakan kanker kulit ganas, yang hanya menyerang satu kuku. Biasanya, kuku pada jempol tangan lebih sering terkena daripada kuku jempol kaki.

Memang, garis hitam pada cenderung dianggap sesuatu yang wajar karena orang berpendapat bahwa garis itu didapat ketika jarinya terjepit sesuatu, sehingga pembuluh darahnya pecah dan terjadilah lebam.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mengalami masalah ini diperiksakan ke dokter jika sudah terlalu lama terjadi. Diagnosis yang tepat mengenai garis hitam ini tentu diperlukan, karena akibatnya bisa fatal bila hanya dengan dugaan saja.




Berita Lainnya

WHO Sarankan Masyarakat Dunia Tetap di Rumah

28/03/2020 20:08 - Indah Pratiwi

5 Virus Dalam Sejarah Yang Jadi Pandemi

25/03/2020 15:55 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA