Tuesday, 24 Nov 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Heboh Video Banser Soal Latihan Intelijen, Begini Tanggapan GP Ansor

Anas Baidowi - 16/11/2018 14:58

Beritacenter.COM - Sosial media ramai dengan video anggota Banser tengah berbaris dan bersiap mengikuti pelatihan intelijen dasar. Video tersebut diduga sengaja disebar oleh kelompok yang tidak suka dengan keberadaan Banser.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, kegiatan dalam video tidak seperti latihan intelijen seperti yang dibayangkan kebanyakan orang.

"Video itu memang dibuat anggota Banser pada tahun 2012. Saat itu ada kegiatan Susbalan (kursus Banser lanjutan) - fase menengah dari sistem kaderisasi Banser," kata Yaqut lewat pesan singkat, Jumat (16/11/2018).

Baca Juga : Terungkap! Begini Keterlibatan Gerindra Soal Penistaan Agama Yang Dilakukan Ahok

Video yang beredar, menunjukkan seorang pria yang tengah memberi arahan mengatakan para peserta tengah menggelar 'latihan intelijen dasar'.

Menurut Yaqut, materi intelijen ni biasanya disampaikan pihak TNI atau Polri. Namun dia menjelaskan pelatihan ini digelar sebagai pembekalan pengetahuan bagi anggota Banser.

"Ini tidak seperti yang dibayangkan bahwa Banser akan dididik menjadi intel sebagaiamana intelijen yang kita kenal, melainkan hanya bersifat kognitif saja. Memperkenalkan apa itu intelijen dan seluk beluknya," kata Yaqut.

Baca Juga : Merasa Dirinya Disudutkan, SBY Serang Prabowo-Sandi

Dalam video tersebut, seorang pria yang tengah memberi arahan mengatakan pelatihan ini digelar untuk mendeteksi 'gerakan-gerakan sedini mungkin'. Yaqut mengatakan gerakan yang dimaksud ialah gerakan dari kelompok radikal.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA