Wednesday, 01 Apr 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Inilah Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan Anda

Indah Pratiwi Budi - 25/10/2018 16:49

FOKUS : Kesehatan

Beritacenter.COM - Daun saga atau yang mempunyai nama latin Abrus precatorius mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan manusia. Biasanya daun ini tumbuh di daerah Jawa, Aceh, Gorontalo, Bali, Ambon, Minangkabau, dan Bugis. Simak berikut manfaat dan khasiat daun saga:

Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan

Daun saga dipercayai dapat mengobati berbagai penyakit dari skala ringan hingga berat seperti jantung dan hipertensi dengan ampuh dan dalam waktu yang singkat.

1. Untuk Mengobati Amandel
Daun saga dapat mengobati amandel dengan sangat cepat dan jitu. Caranya hanya dengan merebus akar saga, 1 potong kayu manis, gula batu serta ditambah 5 gelas air secara bersamaan hingga mendidih. Sesudah mendidih, saring dan minum air rebusan daun saga tersebut dua kali sehari di pagi dan sore hari.

2. Untuk Mengobati Radang Mata
Selain dapat mengobati amandel daun saga juga mampu untuk menyembuhkan penyakit radang mata. Untuk mengobati radang mata dengan menggunakan daun saga hanya memerlukan segenggam daun saga. Caranya, segenggam daun saga tersebut terlebih dahulu digiling hingga halus kemudian direbus dengan dua gelas air untuk mengambil uapnya. Setelah itu uap yang sudah muncul nanti dapat digunakan sebagai obat tetes mata untuk menyembuhkan radang mata. Manfaat daun sirih merah & manfaat kol juga dikenal sebagai obat radang mata yang ampuh.

3. Untuk Mengobati Sariawan
Selain manfaat Vitamin C yang dikenal sebagai obat ampuh sariawan, manfaat daun saga juga dipercayai dapat mengobati Sariawan dengan alami dan cepat. Sariawan sendiri sangat membuat bagian dalam mulut kita sakit dan menyebabkan kita tidak mempunyai selera untuk makan. Untuk menyembuhkannya dengan obat alami daun saga kita dapat mengunyah daun saga tersebut hingga seluruhnya hancur setelah itu kumur-kumur.

4. Untuk Penyehat Rambut
Banyak wanita dan pria yang mengalami masalah pada rambutnya seperti rambut rontok. Untuk membuat rambut lebih sehat dan kuat selain dengan lidah buaya anda juga dapat menggunakan daun saga. Buatlah daun saga dan biji saga hingga menjadi pasta setelah itu oleskan pasta tersebut di bagian kepala dan diamkan selama kurang lebih 1 jam untuk meresap. Sesudah itu keramaslah hingga seluruh pasta hilang dari rambut anda. Berbagai cara alami dapat anda manfaatkan sebagai obat penyehat rambut, cobalah untuk membaca artikel 11 manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan, 14 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan, dan 11 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

5. Untuk Mengobati Radang tenggorokan
Radang tenggorokan membuat suara kita menjadi serak dan tidak enak baik untuk berbicara ataupun makan. Cara alami untuk mengobati radang tenggorokan yang tepat adalah dengan menggunakan daun saga. Ambil 7 gram daun saga yang masih segar dan rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Setelah air rebusan sudah agak lebih dingin, saring air tersebut dan minumlah secara sekaligus.

6. Untuk Mengobati Batuk Berdahak
Daun saga pun juga dapat dimanfaatkan sebagi obat batuk berdahak. Caranya dengan menyiapkan segenggam daun saga, satu rimpang kecil jahe dan gula batu secukupnya. Setelah itu rebuslah tiga bahan tersebut dengan dua gelas air secara bersama-sama hingga mendidih. Tungggu hingga air rebusan menjadi dingin, saring, dan minum air rebusan tersebut. Air rebusan daun saga ini dipercayai dapat bermanfaat untuk mengeluarkan dahak.

7. Untuk Mengobati Batuk Kering
Cara mengobati batuk kering dengan daun saga yaitu dengan merebus segenggam daun saga, segenggam daun asam, dan sepotong kayu manis yang dicampur dengan tiga gelas air hingga mendidih. Sesudah air rebusan menjadi dingin, saring, kemudian minum hingga habis.

8. Untuk Mengobati Penyakit Jantung
Dengan daun saga penyakit jantung yang dimiliki dapat berangsur-angsur baik apabila mengonsumsinya secara rutin. Caranya, sediakan 8 gram daun saga dan 10 gram daun sembung, dan 5 gram kencur. Rebus ketiga bahan tersebut dengan 400 ml air secara bersamaan. Setelah mendidih, diamkan dulu hingga hangat atau dingin dan minumlah air rebusan hingga habis. Berbagai bahan alami selain daun saga dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit jantung seperti kulit manggis, buah melon, susu kedelai, sari kurma.

9. Untuk Mengobati Hipertensi
Hipertensi dapat disembuhkan dengan daun saga. Khasiat daun saga dapat didapatkan dengan cara merebus segenggam daun saga, daun kaki kuda, daun selamagi, buah waluh putih, daun kejibeling dengan 4 air gelas secara bersamaan. Rebus hingga airnya hanya untuk takaran 2 gelas, saring, dan minum hingga habis.

10. Dapat Menyembuhkan Jantung Berdetak dan Keringet Dingin
Cara membuatnya adalah ambil daun saga manis sebanyak 8 gram serta daun sembung. Kemudian tambahkan 5 gram kencur dan rebus air sebanyak 400 ml. Dan kemudian minumlah airnya denga teratur.

11. Dapat Menyembuhkan Panas Dalam
Cara membuatnya dengan merebus daun saga sebanyak 15 tangkai yang sebelumnya sedah di cuci sampai bersih, daun tersebut direbus hanya dengan 2 gelas air. Setelah mendidih sisakan 1/2 air rebusan tersebut dan kemudian dinginkan dan saring. Dan terakhir minumlah air rebusan tersebut satu kali sehari.

12. Sebagai Menyembuhkan Penyakit Bronkistis
Cara membuat air ramuan tersebut dengan menggunakan daun saga sebanyak 15 lembar yang baru dipetik dari pohonnya atau yang masih segar, lalu cuci sampai bersih, dan kemudian rebus air sebanyak dua gelas sampai mendidih, lalu sisakan satu gelas setelah di dinginkan dan saring. Terakhir minum air ramuan tersebut setiap hari sebanyak satu kali secara rutin.

13. Untuk Bayi
Daun saga dapat digunakan untuk mengurangi atau dapat mengobati penyakit flu dan batuk pada bayi. Sebelum itu kenali batuk apa yang menyerang bayi, ada dua batuk yang bisa diketahui batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering tidak mengeluarkan dahak, sedangkan batuk berdahak mengeluarkan dahak.


14. Mengobati Penyakit Kuning
Penyakit kuning awalnya disebabkan oleh kelelahan yang luar biasa. Akibatnya hati harus bekerja ekstra dalam durasi yang lama. Hati yang terus bekerja akan kehilangan zat gula sebagai penghasil energi. Nah, dari sini lah berawal munculnya gejala hati menguning, mengeras hingga menimbulkan siriosis. Bila gelaja penyakit kuning mulai menyerang, sediakan beberapa lembar daun saga.

15. Untuk Meningkatkan Nafsu Makan
Bagi yang sedang bermasalah dengan bobot badan yang tidak kunjung beranjak dari status ‘kurus’, barangkali dapat mencoba menggunakan daun saga. Caranya: kukus beberapa helai daun saga ke dalam nasi yang sedang dimasak. Masukkan daun saga ketika nasi mulai matang. Biarkan selama 10 menit. Setelah itu, makan nasi seperti biasa dan jadikan daun ini sebagai sayur pelengkap hidangan. Kandungan vitamin B yang dimilikinya dapat meningkatkan selera makan anda.

16. Mencegah Penuaan Dini
Manfaat daun saga yang lainnya adalah bermanfaat untuk mencegah penuaan dini,caranya dengan menggunakan ramuan daun saga sebagai masker wajah.

17. Meningkatkan Sistem Imun
Manfaat daun saga yang lainnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh,karena dalan daun saga terdapat kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas,hingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

18. Mengatasi Jerawat

Daun saga juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat,terutama jerawat di wajah,hal itu karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun saga tersebut.




Berita Lainnya

Cara Ini Bisa Hancurkan Virus

31/03/2020 01:03 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA