Thursday, 27 Jun 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Astaga...! Jawa Timur Peringkat Pertama Di Indonesia, Jumlah Pasien HIV Aids

Indah Pratiwi Budi - 20/10/2018 17:04

FOKUS : Kesehatan

Beritacenter.COM - Dari data Kementerian Kesehatan tahun 2018, jawa timur menduduki peringkat pertama di Indonesia, jumlah pasien HIV Aids dengan 67.658 orang.

Kohar Hari Santoso, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, menjelaskan, jumlah ini naik dibandingkan sejak ditemukan tahun 1991 sebanyak 46.628 orang.

Dari jumlah pasien tersebut, 55 persen diantaranya berhenti mengkonsumsi obat anti retro viral atau ARV. "Padahal penderita HIV Aids harus mengkonsumsi ARV seumur hidup secara tepat waktu untuk bisa menekan jumlah virus di tubuhnya," jelas Kohar Hari Santoso.

Melihat kondisi itu, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur membuat kebijakan baru dengan membuka layanan pengobatan ARV secara gratis di puskesmas.

Namun, untuk sementara baru 6 puskesmas yang bisa melayani, yakni Puskesmas Maesan Bondowoso, Puskesmas Maesan Situbondo, Puskesmas Tempeh Lumajang, Puskesmas Pule Trenggalek, Puskesmas Gemarang Madiun dan Puskesmas Bubukan Pacitan.

Kadinkes menambahkan, kedepan tidak hanya 6 puskesmas, tapi akan ditambah 18 puskesmas. "Namun jumlah 24 puskesmas masih jauh dari jumlah keseluruhan puskesmas di Jatim yang berjumlah 964 puskesmas,"imbuhnya.




Berita Lainnya

Cara Efektif Hadapi Semut Charlie alias Tomcat

26/06/2019 05:16 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA