Wednesday, 14 Nov 2018
Temukan Kami di :
Internasional

Daftar 15 Terduga Pembunuh Jamal Khashoggi

Fani Fadillah - 19/10/2018 18:52

Beritacenter.COM - Dugaan pembunuhan terhadap wartawan senior Arab Saudi, Jamal Khasshoggi semakin kuat. Media Turki menerbitkan nama 15 orang yang dituduh membunuh Jamal Khashoggi di Konsulat Saudi, Istanbul, 2 Oktober lalu. Mereka terdiri dari anggota militer, intelijen, hingga ahli autopsi kenamaan Saudi.

Baca juga: Kejam, Mayat Jamal Khashoggi Diduga Dihancurkan dengan Cairan Asam

Menurut penuturan media Turki, sebagian besar dari 15 pria itu tiba di Istanbul menggunakan dua jet pribadi beberapa jam sebelum Khashoggi masuk ke Konsulat Saudi pada pukul 13.14 waktu setempat. Ketika itu, jurnalis 56 tahun tersebut hendak mengurus surat pernikahannya dengan wanita Turki.

Di hari yang sama, ke-15 orang itu pergi meninggalkan Turki menuju Riyadh. Walau Saudi membantahnya, namun pejabat Turki kepada media setempat mengatakan para pria itu adalah pegawai pemerintah dan intelijen Saudi, yang sengaja dikirim membunuh Khashoggi.

Berikut adalah 15 nama itu beserta foto-foto mereka yang tertangkap kamera CCTV:

1. Salah Muhammed Al Tubaigy, 47

Tubaigy adalah sosok paling terkenal dari ke-15 nama yang muncul di media Turki. Dia disebut sebagai orang yang membius dan memutilasi Khashoggi di Konsulat Saudi, berdasarkan rekaman suara yang diterima penyidik Turki.

Dia disebut datang ke Turki dengan jet pribadi dengan nomor ekor HZSK2 pada pukul 03.13, 2 Oktober lalu. Jet itu dimiliki oleh Sky Prime Aviation Services, perusahaan yang disita pemerintah Saudi dalam kasus korupsi tahun lalu.

Tubaigy menginap di Hotel Mövenpick Istanbul, sekitar 500 meter sebelah barat Konsulat Saudi. Dia terbang dari Istanbul ke Riyadh menggunakan jet yang sama pada pukul 22.54.

Tubaigy adalah ahli forensik patologi kenamaan Saudi yang telah banyak mengeluarkan karya ilmiah soal autopsi. Dia adalah kepala Dewan Ilmiah Saudi untuk Forensik. Dia juga mengepalai departemen bukti forensik di badan keamanan Kementerian Dalam Negeri Saudi.

Tubaigy banyak menerbitkan karya tulis soal pembedahan dan autopsi di klinik berjalan. Klinik Tubaigy itu memungkinkan dokter melakukan autopsi dalam waktu tujuh menit untuk menemukan penyebab kematian jemaah haji.

Dalam kasus Khashoggi, Tubaigy disebut memutilasi jurnalis itu dalam waktu hanya tujuh menit. Hingga saat ini belum ada bantahan dari Tubaigy terkait keterlibatannya dalam pembunuhan Khashoggi.

2. Maher Abdulaziz M Mutrib, 47

Menurut CNN, Mutrib adalah seorang kolonel di badan intelijen Saudi. Dia pernah menghabiskan dua tahun bekerja di Kedutaan Saudi di London, Inggris.

Mutrib disebut sebagai pengawal pribadi Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MbS). New York Times memajang foto Mutrib yang berada satu frame bersama MbS dalam kunjungannya ke Spanyol, Prancis, dan Amerika Serikat sejak Maret lalu.

Dalam catatan kamera CCTV yang diunggah media Turki, Sabah, Mutrib diketahui masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul pada pukul 09.55, sekitar 3 jam sebelum Khashoggi datang.

Mutrib tiba di Istanbul dengan jet pribadi bersama Tubaigy dan juga tinggal di hotel Mövenpick. Dia terbang ke Saudi pada pukul 18.40 di hari yang sama dengan jet pribadi bernomor ekor HZSK1.

3. Abdulaziz Mohammed M Alhawsawi, 31

New York Times yang mengutip sumber dari Prancis mengatakan Alhawsawi adalah anggota pengaman MbS. Di aplikasi caller-ID Saudi, MenoM3ay, nama itu tercatat dalam Resimen Pengawal Kerajaan Saudi.

Alhawsawi datang ke Istanbul menggunakan pesawat komersial, dan melintasi petugas imigrasi pemeriksa paspor pada pukul 1.43, 2 Oktober.

Dia tinggal di hotel Wyndham Grand Istanbul Levant, sekitar 1 km sebelah selatan Konsulat Saudi. Dia meninggalkan Turki menggunakan jet yang sama dengan Tubaigy.

4. Thaar Ghaleb T Alharbi, 39

Diduga Alharbi adalah tentara Pelindung Kerajaan yang dipromosikan jadi letnan karena keberaniannya menghadapi penyerangan teroris ke istana putra mahkota di Jeddah dalam insiden Oktober tahun lalu. Ketika itu, dua orang tentara tewas dan tiga lainnya terluka, seorang pelaku terbunuh.

Alharbi tiba di Istanbul dengan jet pribadi bersama Tubaigy. Namun dia pergi dari Turki ke Saudi dengan jet HZSK1.

5. Mohammed Saad H Alzahrani, 30

Berdasarkan aplikasi MenoM3ay, Alzahrani adalah anggota tentara Pengawal Keluarga Kerajaan.

Diberitakan BBC yang mengutip aktivis Iyad el-Baghdadi, tentara mengenakan lencana dengan nama tersebut tertangkap kamera berdiri di samping MbS dalam sebuah acara pada 2007.

Media Turki menyebut Alzahrani tiba di Istanbul dengan pesawat komersial dan check-in di Wyndham Grand lalu pulang dengan jet pribadi HZSK2.

6. Khalid Aedh G Alotaibi, 30

Nama Alotaib juga tercatat sebagai anggota Pengawal Kerajaan di aplikasi MenoM3ay. Menurut The Washington Post, paspor dengan nama tersebut digunakan untuk masuk Amerika Serikat bertepatan dengan kunjungan keluarga kerajaan Saudi.

Dia terbang ke Istanbul dengan pesawat komersial dan check-in di Wyndham Grand.

7. Naif Hassan S Alarifi, 32

Menurut Qutaibi Idlbi, pengusaha Saudi di Washington yang merupakan kawan Khashoggi, di Facebook pria dengan nama Naif Hassan S Alarifi terlihat berfoto dengan seragam tentara Saudi.

Alarifi juga tercatat di MenoM3ay sebagai karyawan kantor MbS. Dia tiba di Istanbul menggunakan pesawat komersial dan check-in di Wyndham Grand, lalu kembali ke Saudi dengan jet pribadi HZSK2.

8. Mustafa Mohammed M Almadani, 57

Menurut catata MenoM3ay, Mustafa Mohammed M Almadani, adalah seseorang yang bekerja untuk intelijen Saudi.

Dia tiba di Istanbul dengan HZSK2 dan check-in di Mövenpick. Dia tercatat melintasi pemeriksaan paspor bandara Istanbul pada pukul 00.18, 3 Oktober, sebelum ke Saudi menggunakan pesawat komersial.

9. Meshal Saad M Albostani, 31

Akun Facebook dengan nama Meshal Saad M Albostani menyebut dirinya sebagai letnan di angkatan udara Saudi. Di MenoM3ay, dia mengaku pengawal keluarga kerajaan.

Catatan imigrasi menunjukkan Albostani masuk Istanbul pada pukul 01.45, 2 Oktober, dan check-in di Wyndham Grand. Dia meninggalkan Turki dengan jet pribadi HZSK2.

Pada 18 Oktober, koran Turki Yeni Safak melaporkan Albostani meninggal dunia dalam kecelakaan mobil yang mencurigakan di Riyadh.

10. Waleed Abdullah M Alsehri, 38

Menurut media Turki, tahun lalu pria bernama Waleed Abdullah M Alsehri dipromosikan oleh MbS menjadi pemimpin skuadron angkatan udara.

Mr Alsehri terbang ke Turki dengan jet HZSK2, namun meninggalkan negara itu dengan HZSK1.

11. Mansour Othman M Abahussain, 46

Mansour Othman M Abahussain diidentifikasi di MenoM3ay bekerja di badan intelijen Saudi. Pria dengan nama itu dalam artikel koran lokal pada 2014 dideskripsikan sebagai kolonel di Departemen Pertahanan Sipil Saudi.

Abahussein tiba di Istanbul menggunakan pesawat komersial dan check in. Dia meninggalkan Turki dengan jet HZSK2.

12. Fahad Shabib A Albalawi, 33

Fahad Shabib A Albalawi diidentifikasi di MenoM3ay bekerja sebagai pengawal keluarga kerajaan. Albalawi tiba menggunakan jet pribadi dan keluar Turki dengan HZSK1.

13. Badr Lafi M Alotaibi, 45

Seseorang dengan nama Badr Lafi M Alotaibi tercatat di MenoM3ay berpangkat mayor di badan intelijen Saudi.

Dia tiba di Istanbul dengan jet HZSK2 dan check in di Mövenpick, lalu ke Saudi dengan HZSK1.

14. Saif Saad Q Alqahtani, 45

Saif Saad Q Alqahtani tercatat di MenoM3ay bekerja untuk MbS, berdasarkan data The Washington Post.

Dia tiba di Istanbul menumpang jet tempur HZSK2, lalu meninggalkan negara itu pada 00.20, 3 Oktober, dengan pesawat komersial.

15. Turki Muserref M Alsehri, 36

Tidak banyak yang diketahui dari Turki Muserref M Alsehri. Dia tiba di Istanbul dengan jet HZSK2 dan pergi dari Turki dengan HZSK1




Berita Lainnya

Pasukan Hamas dan Militer Israel Kembali Berperang

13/11/2018 11:03 - Sari Intan Putri
Kemukakan Pendapat


BOLA