Monday, 22 Jul 2019
Temukan Kami di :
Bisnis

Perusahaan Teh Celup Sariwangi Terancam Gulung Tikar

Indah Pratiwi - 18/10/2018 07:50

Beritacenter.COM - Sebuah perusahaan Teh Celup PT Sariwangi Agricultural Estate Agency terancam pailit. Perusahaan yang berada di kawasan Gunung Putri Bogor, Jawa Barat itu terancam bangkrut lantaran terjerat utang yang bernilai fantastis.

Pada tahun 2015, PT Sariwangi Agricultural Estate Agency bersama dengan PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung mengalami kesulitan. Perusahaan itu terjerat utang hingga mencapai Rp1,5 triliun, Kamis(18/10/2018).

Baca Juga: Perusahaan Asuransi Jiwasraya Milik BUMN Terancam Bangkrut

Alasannya, perusahaan tersebut mengalami gagal investasi untuk meningkatkan produksi perkebunan. Perusahaan yang mengembangkan sistem drainase telah mengeluarkan uang secara besar-besaran.

Akan tetapi, sayangnya jumlah hasil yang didapat tidak seperti yang diharapkan. Pembayaran cicilan utang membuat kreditur mengajukan tagihan. Tagihan tersebut datang dari PT HSBC Indonesia, PT Bank ICBC Indonesia, PT Bank Rabobank International Indonesia, PT Bank Panin Indonesia Tbk, dan PT Bank Commonwealth.

Namun, kedua perusahaan PT Sariwangi Agricultural Estate Agency dan PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung mengajukan permohonan perdamaian. Dua perusahaan itu meminta agar penundaan kewajiban pembayaran utang(PKPU) ditunda oleh para kreditur.

Sariwangi dan Maskapai Perkebunan Indorub tetap tak bisa menjalankan janjinya pada tahun 2018 ini. Sehingga akhirnya Majelis Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan pembatalan homologasi dari salah satu kreditur. Dari keputusan tersebut, dua perusahaan tersebut dinyatakan resmi berstatus pailit.

 



Berita Lainnya

Ini Dia Ojek Online Yang Kuasai Indonesia

16/07/2019 12:37 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA