Monday, 17 Dec 2018
Temukan Kami di :
Internasional

China Pamer Pesawat Bomber Siluman Terbaru Yang Bikin AS Melotot

Indah Pratiwi - 11/10/2018 15:27

Beritacenter.COM - Sebuah stasiun televisi media pemerintah Tiongkok mengonfirmasi bahwa pesawat pembom siluman strategis Hong-20 atau H-20 segera bermanuver di udara. Pembuatan pesawat ini sudah memakan waktu lebih dari satu dekade.

Stasiun televisi itu mengungkapkan dokumenter yang memperingati ulang tahun ke-91 Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) bahwa H-20 adalah "game changer" sejati. Menurut laporan tersebut, produksi pesaawat ini lebih cepat dari perkiraan sebelumnya, Kamis(11/10).

Penerbangan uji coba H-20 yang pertama sedang berada di langit China. Stasiun media pemerintah China lainnya, Global Times, yang dilansir Rabu (10/10/2018) malam, menyimpulkan bahwa pabrik Xi'Aan dari Aviation Industry Corp of China telah menyelesaikan uji avionik, hidrolik, dan elektronik pesawat pembom terbaru..

Pesawat H20 dibuat oleh perusahaan di Shanghai Aircraft Design and Research Institue. Tahun 2008, kerja keras mulai dilakukan untuk megenerasi pesawat pembom H6 yang sudah tua. Meski demikian, pesawat itu masih dioperasikan di China.

Perlu diketahui pesawat H-6 adalah pesawat modifikasi dari Tu-16 Badger buatan Soviet era 1950-an. Pesawat itu tulang punggung strategis Angkatan Udara China dan sering terlihat mengambil bagian dalam misi penerbangan simbolik yang melanggar wilayah udara Taiwan.

Namun untuk dikethaui spesifikasi pesawat H-20 termasuk desain sayap mirip pesawat Northrop Grumman B-2 Spirit Amerika Serikat. Untuk dinyatakan sebagai pesawat siluman, kemampuan minimal H-20 harus dapat lolos melewati radar musuh.




Berita Lainnya

Australia Akui Yerusalem Barat Ibu Kota Israel

15/12/2018 13:18 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA