Wednesday, 12 Dec 2018
Temukan Kami di :
News

Kompolnas Sesalkan Kegaduhan Dunia Maya Terkait Klaim Temuan Indonesialeaks

Anas Baidowi - 09/10/2018 11:34

Beritacenter.COM - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyesalkan kegaduhan informasi di dunia maya yang di klaim sebagai temuan Indonesialeaks. Beberapa dokumen rahasia yang patut diduga milik KPK seperti BAP ramai di salah satu situs jaringan dunia maya.

Menurut Kompolnas, ada yang aneh dalam foto dokumen-dokumen yang diposting itu seperti sengaja diarahkan ke petinggi Polri.

"Anehnya, dalam foto dokumen-dokumen yang di posting tersebut, tampak seperti di zoom dan diarahkan kepada nama seorang petinggi Polri," kata anggota Kompolnas, Selasa (9/10).

Selain itu, terlihat sangat tendensius. Dokumen BAP dan buku “merah” yang seharusnya menjadi alat bukti proses penyidikan KPK dan bersifat rahasia bocor ke publik tanpa ada “perlawanan” dari KPK ataupun Polri.

Keabsahan dokumen yang patut diduga ilegal itu memang sangat patut dipertanyakan.

"Kita tidak tahu apakah Indonesialeaks adalah media yang termasuk diatur dalam UU Pers dengan terdaftar sebagai media jurnalistik pada Dewan Pers, atau tidak?," tuturnya.

Jika bukan termasuk media jurnalisitik, maka mengapa UU ITE tidak diterapkqn atas publikasi dokumen yang diduga merupakan bagian dari rahasia penyidikan? Apalagi, jika substansi dokumennya ternyata “aspal”.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA