Friday, 19 Oct 2018
Temukan Kami di :
Investasi

Mantap, Jakarta-Garut Akan Langsung Tersambung Dengan Kereta Api

Anas Baidowi - 28/09/2018 14:21

Beritacenter.COM - Jalur kereta Cibantu-Garut jadi salah satu proyek prioritas yang direncanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dan nantinya, jalur kereta Jakarta akan tersambung hingga Garut.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Agus Komarudin menjelaskan, Proyek yang digarap Provinsi Jabar, Kementerian Perhubungan, dan PT KAI untuk mengaktifkan kembali 4 jalur kerta apai peninggalan Belanda.

"Memang suamu prioritas yang 4 jalur itu tapi untuk yang Cibatu Garut itu kan yang paling pendek, sudah dilakukan sosialisasi juga pada masyarakat," jelasnya, Jumat (28/9).

Jalur Cibatu-Garut mempunyai rute terpendek yaitu haya 19,3 km, sementara Garut-Cikajang 28,2 km. Jika ditotal rute Cibatu-Garut bisa terhubung meka jalur Jakarta-Garut bisa pub ikut terkoneksi.

"Karena kalau Bandung, Cibatu, Tasikmalaya sudah ada kan. Nah kalau ada Cibatu-Garut ini rel nya nggak aktif. Ini tinggal diaktifkan. Nanti orang Garut bisa langsung ke Jakarta lewat jalur ini begitupun sebaliknya," tuturnya.

Menurut Agus, pembangunan itu akan dilakukan dalam dua tahap. Proses rektivasi jalur Cibatu-Garut dan Garut-Cikajang.

Rencananya, pada Desember 2018, PT KAI akan segera melakukan penertiban bangunan di kawasan jalur kereta api di Kabupaten Garut. Proyek Garut-Cikajang nantinya akan diaktifkan reaktivitasi Cibatu-Garut yang ditargetkan di awal tahun 2019.

"Targetnya kan pemerintah mau 2019 kan jadi sosialisasi sekarang sudah, ya tahap berikutnya (penertiban) akan dialkukan di akhir 2018," tuturnya.

Seperti diketahui, empat jalur kereta api di Jawa Barat akan direativasi. jalur-jalur tersebut adalah Banjar-Cijulang-Pangandaran-Peringi, Cibatu-Garut-Cikajang, Cukudapateuh-Bajaran-Ciwidey, dan Racaekek-Tanjungsari.




Berita Lainnya

Korea Selatan Sepakat Berinvestasi di Indonesia

12/09/2018 12:15 - Indah Pratiwi

Rumah DP 0 Persen Akan Dibangun di Daerah Ini

30/08/2018 12:01 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA