Saturday, 23 Feb 2019
Temukan Kami di :
Olahraga

Tewasnya Suporter Persija, Menpora Minta Liga 1 Dihentikan Dua Pekan

Dewi Sari - 25/09/2018 18:03

Beritacenter.COM - Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Imam Nahrawi meminta kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk meliburkan kompetisi Liga 1 2018 selama dua pekan. Untuk menyikapi kasus kematian suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila, di Bandung pada Minggu (23/9/2018).

Imam Nahrawi menilai kasus kematian Hariangga Sirila merupakan tragedi kemanusian yang bersifat nasional bukan hanya dilingkungan sepak bola saja.

"Pemerintah telah mendapat laporan dari berbagai pihak. Pemerintah meminta sepak bola Indonesia dihentikan selama dua minggu sebagai bentuk penghormatan kepada korban dan belasungkawa nasional," kata Imam di kantor Kemenpora, Selasa (25/9/2018).
Selama dua pekan itu, Imam meminta semua pihak, mulai PSSI, PT LIB, klub, dan suporter melakukan introspeksi. "Ini momentum untuk introspeksi kita semua bahwa satu nyawa sangat mahal dibanding sepak bola," tegasnya.

Imam juga menyebut kasus kematian Haringga yang dikeroyok suporter Persib di area parkir GBLA merupakan tragedi kemanusiaan. Lebih menyedihkan, beberapa dari pelaku berusia remaja.

"Sangat mengerikan ketika melihat anak-anak di bawah 20 tahun bisa melakukan hal itu. Ini tragedi nasional," katanya.

Pemerintah juga meminta PSSI untuk melaksanakan regulasi yang dikeluarkan terkait insiden tersebut. Menpora juga meminta epada PSSI dan operator kompetisi untuk memberikan hukuman yang setimpal kepada pelaku agar dapat memberikan efek jera.

"Saat penghentian kompetisi kami meminta PSSI dan LIB melakukan hal-hal luar biasa, bukan sanksi dalam bentuk uang. Kemenpora juga akan menyiapkan model simbiosis antara suporter dan klub," kata Imam.




Berita Lainnya

Petinju Pacquiao Karirnya Terancam Berakhir

22/01/2019 21:42 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA