Tuesday, 16 Jul 2019
Temukan Kami di :
Samarinda

Berduka Atas Meninggalnya Haringga, Jokowi Minta Kemenpora, PSSI dan Suporter Duduk Bersama

Aisyah Isyana - 25/09/2018 15:19

Beritacenter.COM - Suporter Persija Haringga Sirla tewas usai dikeroyok oknum bobotoh di Stadion di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GLBA), Minggu (23/9). Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita yang mendalam atas insiden yang menimpa korban.

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya suporter," kata dia di Gedung Balai Kartini, Kuningan, Jakarta, Selasa (25/9).

Insiden tewasnya Haringga memperpanjang catatan korban tewas kerusuhan suporter sepak bola. Terhitung dalam delapan bulan terakhir, terdapat 16 suporter yang meregang nyawa saat menyaksikan pertandingan sepakbola.

Baca juga :

Menanggapi hal itu, Presiden Jokowi meminta sejumlah pihak terkait untuk segera mengatasi permasalahan itu agar tidak terjadi lagi dikemudian hari. Jokowi menghimbau pihak terkait untuk duduk bersama suporter.

"Saya minta Kemenpora, PSSI, dan kelompok-kelompok suporter duduk bersama, mengatasi agar kejadian ini tidak terulang lagi. Ini sudah bolak balik. Harus ada sebuah komitmen bersama agar kejadian itu tidak terulang," tegasnya.

"Jangan sampai fanatisme yang berlebihan jadi kebablasan sehingga terjadi kriminalitas. Harus segera disetop, karena olahraga itu menjunjung sportivitas," sambung dia.

Terkait adanya usulan pemberian sanksi untuk PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Jokowi tidak setuju. Alasannya, pemberian sanski kepada PSSI dan PT LIB tidak menjamin aksi saling serang antar suporter akan berhenti.

"Sanksi tidak menjamin. Yang paling penting duduk bersama Menpora, PSSI, kelompok-kelompok suporter terutama yang fanatik-fanatik, duduk bersama. Ada apa. Itu yang diselesaikan," kata Jokowi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA