Wednesday, 14 Nov 2018
Temukan Kami di :
News

KPU: Pakai Bahasa Indonesia, Debat Capres-Cawapres Digelar 5 Kali

Fani Fadillah - 21/09/2018 17:21

Beritacenter.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyatakan debat publik calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2019 akan digelar sebanyak lima kali dengan bahasa Indonesia, untuk susunannya sendiri kurang lebih sama dengan Pilpres 2014.

Baca juga:

"‎Rencananya lima kali (debat capres-cawapres), sama persis kayak (Pilpres) 2014," kata Arief di Kantor Pusat KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018).

Arief menegaskan, format debat capres-cawapres nantinya menggunakan ‎bahasa Indonesia. Namun, KPU tetap mempersilahkan jika ada pihak-pihak yang ingin mengusulkan debat dengan menggunakan bahasa Inggris.

"Debat pakai bahasa Indonesia. Wong debat itu yang menyaksikan siapa? Orang Indonesia. Kalau itu jangan diperdebatkan. Usul bisa saja diterima, tapi kalau dilaksanakan itu kan nanti dulu," jelasnya.

Rencananya jadwal debat capres-cawapres akan dilaksanakan sebanyak lima kali. Sementara untuk materinya hingga kini masih dalam proses pembahasan KPU.

"Mungkin debatnya itu di 2019 lah. Januari satu kali, Februari satu kali, Maret satu kali, gitu misalnya. Kemudian nanti April kita bikin dua kali, tiga kali gitu," katanya.

KPU telah menetapkan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno sebagai capres dan cawapres 2019-2024. Malam ini, kedua pasangan akan mengambil nomor urut.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA