Friday, 16 Nov 2018
Temukan Kami di :
Bisnis

Presiden Jokowi Minta Hapus Hambatan Ekspor RI di Vietnam

Indah Pratiwi - 12/09/2018 15:21

Beritacenter.COM - Dalam kunjungannya Presiden Joko Widodo(Jokowi) ke Vietnam meminta kepada Presiden Tran Dai Quang agar menghapus hambatan perdagangan yang saat ini masih menyasar produk ekspor Indonesia.

Menurut Jokowi bahwa hambatan ekspor-impor kedua negara harus dihapus demi memenuhi target perdagangan US$10 miliar pada 2020 mendatang sehingga memudahkan Indonesia untuk mengekspor dagangannya ke Vietnam.

"Saya tadi meminta perhatian Presiden Tran Dai Quang agar hambatan-hambatan perdagangan dapat dihilangkan, termasuk produk otomotif Indonesia," kata Jokowi melalui pernyataan yang dikutip Sekretariat Kabinet RI, Rabu(12/9/2018).

Saat ini, ekspor otomotif Indonesia kembali meramaikan pasar Vietnam dan sempat terhenti pada Janurari lalu lantaran negara Asia Tenggara itu memberlakukan kebijakan proteksionisme yang membatasi impor masuk ke Vietnam untuk melindungi produk dalam negeri.

"Dalam tiga tahun belakangan ini tren perdagangan kita cukup baik dan mencapai nilai USD6,8 miliar. Kita ingin nantinya pada tahun 2020 perdagangan kita bisa mencapai US$10 miliar."

Selain itu, kedua pemimpin dua negara Indonesia dan Vietnam juga sepakat mengintensifkan penyelesaiakn negosiasi sengketa zona ekonomi ekslusif (ZEE) kedua negara.

"Komitmen kedua negara soal pemberantasan illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing ini dituangkan dalam pendantanganan nota kesepahahaman hari ini. MoU ini diteken demi mengurangi insiden pencurian ikan oleh kapal asing dan demi mengelola laut yang lebih baik," kata Menteri Luar Negeri RI, Retno.

 




Berita Lainnya

Maskapai Merpati Siap Terbang Lagi di Udara

12/11/2018 14:16 - Indah Pratiwi

Tank Buatan Pindad Diminati Negara Lain

09/11/2018 13:18 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA