Saturday, 14 Dec 2019
Temukan Kami di :
News

Istri Aktivis HAM "Munir" Bakal Temui Kabareskrim Pekan Ini

Anas Baidowi - 10/09/2018 11:35

Beritacenter.COM - Istri aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) almarhum Munir Said Thalib, Suciwati akan menemui Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) di Mabes Polri pekan ini untuk meminta penjelasan terkait perintah Presiden Jokowi mengenai pengungkapan pembunuhan mendiang suaminya.

"Minggu ini, antara tanggal 12 dan 13, semoga Kabareskrim berkomitmen membuka kembali kasus pembunuhan terhadap munir," katanya, Senin (10/9).

asus pembunuhan Munir sudah berjalan 14 tahun dan belum ada ada perkembangan berarti. Padahal pemerintah sudah membuat Tim Pencari Fakta (TPF) kasus Munir.

Tim Advokasi Kasus Munir Putri Kanesia berharap Arief bisa membuka isi dokumen hasil penyelidikan TPF kasus Munir kepada khalayak. Sebab, Presiden Joko Widodo memerintahkan hal itu dua tahun lalu.

"Kita sudah mengagendakan bertemu dengan Kabareskrim, tapi karena sedang di luar kami sedang berkomunikasi dengan Polri untuk dipertemukan dengan Kabareskrim guna menanyakan posisi kasus Munir sampai hari ini," ujar Putri.

Putri meyakini Polri bisa mengungkap pihak yang terlibat dan diduga bertanggung jawab jika dapat membuka isi dokumen hasil penyelidikan TPF kasus Munir. Dia juga menegaskan pihaknya bakal tetap mengawal kasus ini hingga terungkap.

Desakan untuk mengungkap dalang di balik kasus Munir menguat kembali selepas mantan narapidana perkara itu, Pollycarpus Budihari Prijanto, bebas murni pada 29 Agustus lalu. Kalangan pegiat HAM dan Suciwati menuntut pemerintah mengungkap isi dokumen TPF, dan meminta aparat yakni Polri dan Kejaksaan Agung kembali menelaah perkara itu buat menangkap dalang pembunuhan.




Berita Lainnya

Maluku Utara Diguncang Gempa 5,3 Magnitudo

14/12/2019 01:07 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA