Monday, 28 Sep 2020
Temukan Kami di :
News

Asian Para Games Digelar Oktober Mendatang, Puluhan Ribu Personel TNI Polri Dikerahkan

Aisyah Isyana - 05/09/2018 13:58

Beritacenter.COM - Setelah perhelatan Asian Games 2018 rampung, Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah untuk perhelatan Asian Para Games 2018. Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya akan mengerahkan puluhan ribu personel guna mengamankan Asian Para Games.

"Kita juga menyiapkan untuk pelaksanaan pengamanan Asian Para Games yang direncanakan pada tanggal 6-13 Oktober. Perkuatan yang kita libatkan kurang lebih 10 ribu di-backup oleh Pangdam Jaya untuk melaksanakan pengamanan Asian Para Games," kata Kapolda Metro, Idham Azis di Mapolda Metro Jaya, Rabu (5/9/2018).

"Itu kita sudah ada pengalaman Asian Games, Insya Allah pelaksaaan Para Games akan berjalan dengan baik. TNI dan Polri dalam hal ini Kodam Jaya dan Metro Jaya bersinergi untuk lakukan pengamanan maksimal," jelasnya.

Baca juga :

Embrio dari penyelenggaraan Asian Para Games adalah FESPIC Games (Far East and South Pacific Games for the Disabled), sebuah multisporting event bagi atlet difabel yang pertama kali digelar pada 1975 di Oita, Jepang.

Adapun pola pengamanan Asian Para Games sendiri akan sedikit berbeda dengan saat Asian Games kemarin. Idham mengakatan, jumlah venue perlombaan Asian Para Games juga tidak terlalu banyak.

"Sedikit agak berubah. Karena venue di lingkungan GBK, nggak di beberapa venue kalau kemarin ada 34 venue di Palembang, Bandung kemudian Banten kalau sekarang fokus sekitar GBK. Atlet dan official yang datang juga nggak banyak. Kemudian cabor nggak banyak kalau saya nggak salah 14," paparnya.

Idham juga menyoroti pengamanan di wilayah hukum Polda Metro terkait kejahatan jalanan yang kerap terjadi didaerah rawan. Dia berharap pelaksanaan Asian Para Games mendapat banyak dukungan dari masyarakat.

"Ya seperti biasa itu operasi rutin yang kita tingkatkan mungkin teman-teman monitor ada operasi begal tapi semua nggak ada operasi khusus, hanya operasi rutin ditingkatkan. Beberapa wilayah kita jadi perhatian Jakbar, Japus, Jakut itu kita jadi fokus perhatian. Contoh Kota Tua saya sudah bentuk satgas buat operasi di sana karena banyak masyarakat foto prewed dipalak itu kita lakukan operasi," ujarnya.

Sementara itu, Pangdam Jaya Mayjen Joni Supriyanto juga senada dengan Kapolda Metro Jaya. Dia berharap pelaksanaan Asian Para Games dapat berjalan lancar dan sukses.

"Kiita rapat konsolidasi masalah pengamana Asian Games sekalian persiapan Asian Para Games. Jumlah personel tadi kata Kapolda sama, kita akan dukung penuh untuk sukseskan ini. Yang jelas kemarin pelajaran bagus kita amankan Asian Games. Sehingga Ini jadi langkah awal dan kegiatan yang bagus bagi kita ke depan untuk lakukan kerjasama dan tugas dari awal. Sekali lagi kita harapkan dukungan dari masyarakat jakarta bagaimana visi misi yang diembankan untuk kami negara ini bisa berjalan sukses," ujarnya.




Berita Lainnya

DPR RI Minta PBB Usut Tuntas Penyebab Covid-19

27/09/2020 16:20 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA