Saturday, 07 Dec 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Wapres JK Prediksikan Mobil Listrik Akan Menjamur di Indonesia Seperti Handphone

Aisyah Isyana - 30/08/2018 18:11

Beritacenter.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memprediksikan program mobil listrik akan menjamur di Indonesia. Menurutnya, tren mobil listrik yang diprediksi akan menjamur, akan dibarengi dengan peningkatan kebutuhan energi yang terus meningkat.

Guna memenuhi kebuturhan energi yang terus meningkat, JK berharap agar Indonesia dapat memiliki terobosan baru. Indonesia harus memiliki energi terbarukan untuk memenuhi peningkatan kebutuhan energi yang naik sekitar 12% pertahun.

"Apalagi kalau nanti mobil listrik sudah menjamur seperti handphone. Kita perlu terobosan untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut," kata Jusuf Kalla di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu (29/8/2018).

Sekedar diketahui, Energi terbarukan merupakan energi yang berasal dari "proses alam yang berkelanjutan", seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air proses biologi, dan panas bumi. Indonesia yang memiliki potensi perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia, yakni sekitar 15 juta hektare, akan membuat bahan bakar B20 yang menjadi energi terbarukan.

Dengan begitu, kebutuhan energi terbarukan tersebut akan dilakukan pemerintah dengan membuat aturan tentang energi, sehingga kebutuhan energi masyarakat bisa terpenuhi.

"Kita (pemerintah), berharap jika kebutuhan energi itu dilakukan Kementerian ESDM dengan membuat aturan tentang energi. Agar target dari pemerintah tercapai dan kebutuhan energi masyarakat bisa terpenuhi," pungkas Jusuf Kalla.

Adanya prediksi terkait menjamurnya program mobil listrik di Indonesia, tak lepas dari dukungan pemerintah yang telah menyiapkan perizinan serta insentif pajak untuk kendaraan tersebut.

Dimana dukungan itu akan dilakukan pemerintah dengan membentuk tim lintas kementerian untuk merealisasikan ide besar tersebut. Dukungan penuh juga telah diungkapkan Jokowi, untuk segera memulai program tersebut.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA