Sunday, 24 Feb 2019
Temukan Kami di :
Opini

Mengapa Saat Menguap Mulut Harus Ditutup? Ini Penjelasannya...

Indah Pratiwi - 29/08/2018 14:04

Beritacenter.COM - Menguap merupakan hal yang sering dialami manusia dan merupakan aktivitas yang disebabkan faktor kelelahan sehingga menyebabkan Anda menjadi mengantuk. Selain itu, menguap juga menunjukan adanya gangguan kesehatan.

Dilansir Hellosehat.com, manusia menguap terjadi karena otak dan tubuh membutuhkan oksigen serta nutrisi. Ini terjadi karena kinerja sistem pernapasan membawa oksigen ke otak dan tubuh berkurang, Rabu(29/8).

BACA JUGA

Menguap ialah tarikan napas yang dalam yang dilakukan pada rongga mulut. Sedangkan, ronga mulut sendiri diciptakan bukan untuk alat pernapasan.

Berikut pandangan medis sering menguap rupanya mengalami gangguan kesehatan:

1. Epilepsi
Perlu diketahui, epilepsi terjadi pada otak yang menimbulkan kejang-kejang yang tidak terduga kapan terjadinya dan sering berulang. Kejang-kejang ini diakibatkan terjadi pada otak lantaran mengonsumsi obatan terlarang, gangguan masalah pada otak sejak kecil, meningitis, stroke dan faktor keturunan.

2. Stroke
Penyakit stroke disebabkan rusaknya jaringan otak akibat pembuluh darah pada otak yang tersumbat yang menyebabkan aliran jalan darah membawa oksigen tidak sampai ke otak. Selain itu, stroke juga mengakibatkan sel dan jaringan otak menjadi rusak.

3. Multiple Sclerosis
Hal ini terjadi akibat masalah gangguan pada sistem saraf sentral dimana sistem kekebalan tubuh menyerang selubung jaringan saraf yang kemudian menjadi peradangan dan menimbulkan luka pada jaringan. Kebanyakan Multiple Sclerosis diakibatkan faktor kelelahan dan menguap terlalu sering.

4. Penyakit Jantung
Serangan jantung atau infark miokardium merupakan gangguan yang disebabkan jantung tidak dapat oksigen untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Serangan jantung terjadi adanya pembuluh darah yang tersumbat akibat lemak yang menyebabkan aliran darah tidak lancar.

5. Central Sleep Apnea
Penyakit ini muncul saat tidur dan biasanya gejala ini akibat kesulitan bernapas bahkan mengalami berhenti bernapas saat tertidur di malam hari. Gangguan pernapasan ini merupakan masalah pada otak yang disebabkan otot-otot otak tidak bekerja untuk memberikan napas saat tidur.

Central Sleep Apnea berbeda dengan Obstructive Sleep Apnea yang merupakan gangguan pernapasan yang terjadi lantaran tertutupnya saluran pernapasan. Jiika mengalami gangguan ini biasanya Anda akan sering menguap dan menyebabkan tidur akan menjadi terganggu serta menimbulkan kelelahan dan rasa kantuk yang berat.

Dalam pandangan Islam sendiri, Rasulullah SAW telah perintahkan kepada umatnya jika menguap haruslah ditutup. Rupanya, jika menguap tidak ditutup akan mengganggu kesehatan.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:
“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haaah’, maka setan akan menertawainya,” (HR. Bukhari no. 6223 dan Muslim no. 2994).

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Bila salah seorang dari kalian menguap maka hendaklah dia menahan mulutnya dengan tangannya karena sesungguhnya setan akan masuk.” (HR. Muslim no. 2995).

Ketika seseorang ingin menguap hendaknya ia menutup mulutnya dengan tangan kiri, karena menguap adalah salah satu perbuatan yang buruk yang bisa menimbulkan penyakit disebabkan mulut tidak dilengkapi dengan sistem ‎penyaring udara sebagaimana pada hidung dilengkapi oleh bulu-bulu di dalam hidung.

Apabila saat menguap mulut tidak ditutup oleh tangan, maka masuklah berbagai debu, mikroba, polusi bersama udara masuk ke dalam tubuh sehingga menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan.

Wallahu A'lam Bishawab

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA